by

Air Terjun Alami di Kedalaman Hutan Papua

Masih tentang Papua, pulau besar di bagian timur Indonesia ini memang masih belum ramai dikunjungi orang, selain karena transportasi yang masih terbatas dan keadaan cuaca di lautnya yang tidak bisa ditebak, sehingga perlu biaya ekstra jika ingin datang kemari. Tapi jangan salah, potensi wisata alamnya luar biasa. Banyak sekali tempat wisata alam yang belum banyak dikunjungi, sehingga serasa milik pribadi sekaligus pemandangannya luar biasa dan tentu saja, masih alami sekali.

Air Terjun Wafsarak Papua

air terjun wafsarak
air terjun wafsarak

Salah satu tempat di Papua yang memiliki objek wisata yang lengkap adalah Pulau Biak. Terletak di sebelah utara pesisir Papua Timur, dekat dengan perbatasan Papua Nugini, pulau kecil ini mempunyai potensi wisata alam yang menakjubkan. Seluruh pantai di pesisirnya mempunyai keunikan tersendiri dengan alamnya, dan semuanya berpasir putih halus serta belum banyak yang mengunjungi sehingga berasa seperti milik sendiri. Selain objek wisata pantai, ada pula objek wisata bersejarah yang berasal dari perang dunia dulu, serta keanekaragaman flora dan fauna endemiknya.

Selain keindahan yang sudah saya sebutkan di atas, rupanya Pulau Biak masih menyimpan yang lain, yaitu air terjun alami yang bernama Air Terjun Wafsarak. Air terjun ini berada di dalam hutan, dan berlokasi di Desa Amoi, Distrik Warsa, Biak Utara, Kabupaten Biak-Numfor. Memang letaknya di dalam hutan, tapi hanya sekitar 200 meter saja dari jalan raya, sehingga tidak perlu menyusuri hutan dulu. Bagi Anda yang berlibur di Pulau Biak bisa menyempatkan diri datang ke sini, sekedar untuk melepas penat seharian.

Kelebihan Air Terjun Wafsarak Papua

Keadaan yang lengang dan lingkungan alamnya yang masih alami, akan membuat Anda merasa menjadi pemilik tempat ini. Dengan ketinggian 10 meter dan ada kolam di bawahnya, air yang jernih membuat Anda ingin segera menceburkan diri, untuk Anda yang pandai berenang pasti akan betah, tapi bagi Anda yang tidak terlalu mahir, sebaiknya di tepinya saja, karena bagian tengah kolam cukup dalam. Jika Anda suka tantangan, bisa dengan melompat dari ujung Air Terjun Wafsarak menuju kolam di bawahnya, seru banget, kan, terlebih bersama-sama.

Untuk bisa mencapai tempat ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun menyewa kendaraan atau naik kendaraan umum. Disediakan lahan parkir dan ada tempat ganti sederhana untuk Anda yang ingin berenang. Biaya masuk sangat murah, hanya dengan Rp 35.000 saja per rombongan, biaya ini hanya untuk pemeliharaan dan retribusi kebersihan lingkungannya. Setelah itu Anda bisa sepuasnya bermain air, berenang, menyelam, atau malah memilih menyusuri bagian sisi air terjun. Karena ada banyak kolam besar dan kecil yang dialiri air dari sini.

Betapa indahnya Air Terjun Wafsarak ini, kapan lagi sih bisa menemukan tempat yang masih alami, bersih, sejuk, hijau, masih jernih lagi airnya. Jika Anda berlibur ke Pulau Biak sempatkanlah datang kemari, karena bisa menjadi alternatif pelepas lelah, dengan medan yang tidak sulit ditempuh dan harga tiket yang murah.

Beberapa tempat wisata di Indonesia tidak kalah indahnya seperti di Papua, semuanya memiliki keunikan tersendiri yang sangat sayang untuk dilewatkan. Contohnya adalah Pulau Lombok. Memiliki daya tarik wisata di Lombok seperti Taman Nasional Komodo dan lainnya, semakin membuat kita tidak sabar lagi untuk bisa menjelajahi Indonesia dan melihat tempat-tempat yang masih alami dan berbeda dari yang pernah kita lihat di kota besar.