by

Ayam Taliwang Lombok, Santapan Khas Lombok Yang Wajib Anda Coba

Wisata di Lombok – Terdapat satu hal yang tidak boleh ditinggalkan saat melakukan traveling atau wisata yaitu menyempatkan untuk menjajal santapan khas dari setiap tempat wisata yang Anda kunjungi. Setiap tempat wisata yang ada di Indonesia memiliki makanan khas sendiri, termasuk juga Lombok, ayam taliwang Lombok adalah menu wajib miliknya. Saat Anda mencoba makanan satu ini Anda akan merasakan sensasi pedas yang membuat semakin ingin mencoba dan mencoba lagi.

ayam taliwang lombok
ayam taliwang lombok

Ayam Taliwang Lombok biasanya dibuat dengan dibakar namun ada juga yang disajikan dengan digoreng. Santapan khas daerah Lombok ini menggunakan daging ayam kampung muda yang berusia sekitar 3 sampai 5 tahun. Jadi ukuran untuk ayam taliwang kira-kira sebesar burung puyuh. Daging ayam tersebut dibakar menggunakan bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah dan gara. Saat menikmatinya biasanya makanan ini di temani oleh sajian khas Lombok lainnya seperti misalnya plecing kangkung. Konon, cerita awal dari makanan khas Lombok ini berasal dari kampung karang yang ada di pulau Lombok yang lebih tepatnya berada di wilayah kecamatan Cakranegara, kota Mataram. Orang yang pertama kali mempopulerkan ayam Taliwang ialah Haji Murad bersama dengan sang istri yang saat itu bertempat tinggal di Karang Taliwang dan membuka tempat makan penyedia ayam taliwang. Usaha tersebut bahkan bertahan hingga saat ini, Anda dapat mencoba ayam satu ini di rumah makan keturunan haji Murad tersebut atau juga Anda dapat mencobanya di segala penjuru Lombok karena saat ini, ayam khas Lombok satu ini telah menyebar di seluruh penjuru tempat wisata Lombok.

Menikmati Ayam Taliwang Lombok di Rumah Anda

ayam taliwang
ayam taliwang

Kelezatan dari ayam Lombok mampu membuat seseorang yang pernah mencobanya merasa rindu akan makanan satu ini. Untuk itu, Anda dapat membuat ayam taliwang Lombok di rumah Anda dengan resep yang berikut ini.

Resep ayam Taliwang Lombok

Adapun beberapa bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuatnya adalah sebagai berikut
1. 1 ekor ayam kampung muda
2. Minyak goreng
3. Jeruk limau atau nipis secukupnya
4. 5 buah cabai rawit merah
5. 4 buah cabai keriting
6. 10 butir bawang merah
7. 5 siung bawang putih
8. 2 buah tomat
9. 1 sendok terasi
10. Gula merah secukupnya
11. Garam secukupnya
12. Kencur
13. Kemiri

Cara membuatnya adalah sebagai berikut

ayam taliwang khas lombok
ayam taliwang khas lombok

1. Pertama cuci semua bumbu hingga bersih
2. Haluskan beberapa bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kencur, kemiri, cabai merah, cabai keriting, gula merah, garam dan terasi.
3. Ambil ayam kemudian bedah dada ayam dan regangkan atau tusuk menggunakan bambu atau juga tusukan besi
4. Lumuri ayam tersebut dengan jeruk limau atau nipis dan garam secukupnya. Biarkan sekitar 20 menit
5. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum, tambahkan sedikit perasan jeruk nipis dan kemudian masukan ayam dan aduk hingga ayam terlumuri bumbu halus tersebut.
6. Tuang sedikit air dan masak pada api yang sedang. Masak hingga ayam berubah mulai kecokelatan kemudian angkat
7. Bakar ayam di atas bara api dan oleskan sisa bumbu tumis
8. Bolak balik ayam tersebut, bakar hingga terasa harus dan matang
9. Bila sudah matang, angkat dan ayam taliwang bisa Anda nikmati di rumah.

Bagaimana resep tersebut? Anda tidak perlu untuk mendatangi Lombok bukan saat merasa rindu dengan makanan ayam taliwang Lombok. Selamat mencoba ya.