by

Belajar Budaya dengan Mengunjungi Desa Wisata di Lombok

Selain dikaruniai alam yang sangat kaya dan indah, Lombok juga menyimpan wisata budaya yang dapat menjadi alternatif baru liburan Anda. Menyoal pesona Lombok mulai dari pantai, gili, hingga air terjunnya memang tiada kata lain yang dapat diucapkan selain mempesona. Bagi Anda yang ingin merasakan sesuatu yang baru maka mengunjungi salah satu desa wisata di Lombok dapat menjadi langkah yang tepat. Masyarakat Lombok yang masih memegang teguh adat istiadat tentu menjadi sebuah obyek yang sangat menarik untuk dipelajari. Ada beberapa desa wisata yang tersebar di Lombok. Mempelajari budaya dan interaksi dengan Suku Sasak yang notabene masyarakat asli Lombok tentu memberikan sensasi liburan baru.

desa wisata di Lombok

Desa Wisata di Lombok yang Dapat Anda Kunjungi

  1. Desa Banyu Mulek

Desa wisata di Lombok yang dapat Anda kunjungi ini ialah Desa Banyu Mulek, sebagaimana desa adat lainnya desa ini juga masih mempertahankan adat dan budaya warisan nenek moyang. Gerabah menjadi ikon dari Desa Banyu Mulek Lombok, hampir 80% penduduknya merupakan pengrajin gerabah. Beberapa produk gerabahnya bahkan telah diperjualbelikan hingga ke mancanegara. Apabila Anda sedang berada di Desa Banyu Mulek, Anda dapat belajar bagaimana cara membuat gerabah dengan baik dan benar.

  1. Desa Sade

Selanjutnya ada Desa Sade Lombok yang dihuni oleh Suku Sasak, suku asli Lombok. Mempunyai luas 5,5 hektar dan dihuni oleh sekitar 700 orang, Desa Sade selalu ramai dikunjungi pelancong. Pertama kali menginjakan kaki di Desa Sade, suasana desa yang sangat kental akan peralatan dan bangunan tradisional akan langsung terasa. Ada satu hal unik yang akan Anda jumpai ketika berada di desa Sade yaitu penggunaan kotoran kerbau untuk membersihkan lantai rumah. Cara penggunaannya yaitu dengan mencampurkan kotoran kerbau ditambah sedikit air lalu oleskan secara merata keseluruh permukaan lantai. Pemilihan kotoran kerbau bukan tanpa alasan, masyarakat Desa Sade percaya bahwa kotoran kerbau ampuh mengusir serangga dan membersihkan lantai. Dan percaya atau tidak kotoran kerbau ini tidak meninggalkan bau sama sekali setelah selesai digunakan.

Desa wisata di Lombok memang diperuntukan bagi para pelancong yang ingin mengetahui serta mempelajari budaya orang Lombok. Di samping kaya akan alam yang luar biasa indah, Lombok juga kaya akan budaya. Mulai dari bahasa hingga arsitektur bangunan rumah semuanya sangat menarik untuk ditelisik lebih jauh lagi. Jangan lupakan penganan khas orang Lombok, kuliner merupakan salah satu bentuk budaya karena lahir dari proses peradaban masyarakat Lombok. Setelah puas berkeliling desa wisata, tentunya Anda telah belajar banyak hal mulai dari bahasa, menenun, membuat gerabah, hingga kenalan baru orang Lombok asli.

Berjumpa orang baru dan dengan budaya yang sama sekali belum pernah Anda temui adalah hal yang sangat menyenangkan. Ini dapat Anda temukan saat berkunjung ke desa wisata di Lombok. Pemerintah daerah yang terus melengkapi desa wisata dengan sarana dan prasarana yang lengkap tentu ingin agar desa wisata Lombok semakin maju dan terkenal. Tidak dipungkiri lagi bahwasannya sektor wisata menjadi salah satu pintu masuk bagi pendapatan daerah yang cukup signifikan.

Pemilihan Lombok sebagai destinasi wisata merupakan pilihan yang sangat sesuai. Tujuan utama dari berlibur adalah untuk melepas penat dan bersenang-senang. Jangan sampai salah untuk memilih tempat liburan, ketika liburan bukanya ketenangan dan kenyamanan yang diapat justru sebaliknya kekecewaan karena salah memilih tempat liburan. Jadi, kapan Anda mau mengunjungi desa wisata di Lombok dan tempat-tempat lainnya?