by

Daftar Nama Tempat Wisata di Lombok untuk Berwisata Budaya

Berwisata bersama keluarga juga bisa dilakukan di pulau lombok. Karena daftar nama tempat wisata di lombok tidak hanya terkenal dengan wisata pantainya yang eksotis saja, tetapi juga wisata budayanya yang masih lestari dan terus dijaga oleh masyarakat setempat yang merupakan masyarakat asli suku sasak. Tradisi masyarakat suku sasak seperti menenun, membuat gerabah, tradisi bau nyale di pantai, hingga mengepel lantai dengan menggunakan kotoran kerbau dapat ditemukan di desa sukarera, desa sade, desa banyumulek, dan desa lainnya. Bangunan rumah masyarakat suku sasak di desa-desa tersebut juga masih berbentuk tradisional dan khas suku sasak. Oleh sebab itu, berkunjung ke desa-desa yang ada di pulau Lombok memberikan sensasi atau pengalaman tersendiri bagi para wisatawan.

Daftar Nama Tempat Wisata di Lombok untuk Berwisata Budaya

desa sukarare lombok
desa sukarara lombok

Berwisata bersama keluarga di pulau lombok juga bisa sambil memberikan edukasi kepada keluarga terutama bagi anak-anak. Salah satu daftar nama tempat wisata di lombok untuk memberikan edukasi mengenai budaya adalah desa sukarera. Desa sukarera merupakan desa wisata di Lombok yang terkenal dengan desa penghasil kain songket khas lombok. Banyak wanita desa sukarera yang merupakan warga asli suku sasak menjadi penenun songket lombok yang masih menggunakan cara tradisional. Masyarakat suku sasak menganggap bahwa wanita yang sudah memasuki usia dewasa wajib bisa menenun untuk mendapatkan jodoh. Oleh sebab itu, mayoritas wanita suku sasak terutama di desa sukarera penjadi penenun tradisional. Ketika berlibur ke sana, Anda tidak perlu ragu untuk belajar menenun, karena penduduk lokal akan dengan senang hati mengajarkan cara menenun.

gendang beleq desa sade
gendang beleq desa sade

Desa wisata yang juga menjadi daftar nama tempat wisata di lombok yang terkenal adalah desa sade. Desa tersebut terkenal karena tradisi masyarakatnya yaitu mengepel lantai menggunakan kotoran kerbau. Masyarakat desa sade percaya bahwa mengepel lantai menggunakan kotoran kerbau bisa membuat lantai menjadi hangat dan rumah terhindar dari serangan nyamuk. Desa yang terletak di lombok tengah ini juga memiliki bangunan rumah yang masih asli terbuat dari ijuk dan anyaman bambu yang disebut ‘bale’. Di samping itu, ada pula desa banyumulek yang menjadi desa penghasil gerabah terbesar khas lombok, mulai dari gerabah peralatan rumah tangga, hingga gerabah untuk dekorasi rumah. Sebagian besar masyarakat berprofesi sebagai pengrajin gerabah. Jika Anda berkunjung ke sana, Anda bisa melihat proses pembuatan gerabah khas lombok secara langsung.

Daftar Nama Tempat Wisata di Lombok untuk Berwisata Budaya dan Religi

Pada dasarnya penduduk asli pulau lombok merupakan suku sasak. Namun sebagian penduduk lombok yang merupakan suku sasak ada yang beragama hindu dan ada yang beragama islam. Meskipun demikian, kehidupan beragama di pulau lombok penuh dengan rasa toleransi dan sangat harmonis. Hal tersebut terbukti dengan adanya pura lingsar. Jika berwisata ke salah satu daftar nama tempat wisata di lombok yang terletak di kecamatan narmada tersebut Anda bisa melihat kerukunan antar umat beragama yang ada di pulau lombok, karena di sana umat islam dan umat hindu beribadah secara berdampingan.

pura lingsar keharmonisan
pura lingsar keharmonisan

Itulah daftar nama tempat wisata di lombok yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata edukatif untuk berwisata bersama keluarga. Dengan begitu, kegiatan Anda dan keluarga berwisata ke pulau lombok akan menambah pengetahuan dan tentunya menjadi lebih bermanfaat. Oleh sebab itu, lengkapi perjalanan wisata alam Anda di pulau lombok dengan berkunjung ke destinasi wisata budayanya.