by

Mengunjungi Indahnya Desa Sade Lombok

Lombok adalah salah satu wilayah di Indonesia Timur yang menghadirkan sejuta pesona keindahan alam. Keindahannya selalu dapat memikat setiap orang untuk berkunjung. Desa Sade Lombok merupakan salah satu lokasi yang banyak didatangi karena menawarkan wisata budaya Suku Sasak. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Kota Mataram dan terletak di pinggir jalan besar membuatnya sangat mudah dijangkau. Saat Anda menginjakkan kaki di sana kesan tradisional terasa sangat kental. Anda dapat berkeliling desa yang memiliki luas sekitar 5,5 hektar tersebut untuk menyaksikan kehidupan sehari-hari Suku Sasak. Ada banyak hal unik yang Anda temukan saat berada di sana.

desa sade lombok
desa sade lombok

Rumah Tradisional Desa Sade Lombok

desa sade
desa sade

Bangunan rumah menjadi hal yang paling mencolok dari Desa Sade Lombok. Masyarakat Sasak masih setia dengan desain rumah kuno berbentuk segi empat dengan atap melengkung seperti huruf U terbalik dan tidak memiliki jendela. Atapnya terbuat dari jerami atau ijuk yang disusun dengan sangat rapi. Sementara itu, dindingnya masih berupa anyaman bambu dan lantainya berupa tanah. Uniknya masyarakat Sade membersihkan atau mengepel lantai rumah dengan menggunakan kotoran kerbau sehingga terlihat mengkilap dan bersih.

Jenis rumah yang biasa ditinggali oleh masyarakat Sade secara umum terbagi menjadi tiga jenis, yaitu rumah yang dihuni oleh para tetua atau kepala desa yang disebut dengan Bale Bonter. Kedua, yaitu rumah yang ditempati untuk menghabiskan masa tua oleh warga yang sudah berusia lanjut atau justru ditempati pasangan muda yang baru saja membina rumah tangga yang disebut dengan Bale Kodong. Terakhir yaitu Dan Bale Tani yang merupakan rumah hunian bagi warga yang telah menikah dan sudah memiliki anak.

Atraksi Budaya Desa Sade Lombok

Hal lain yang tidak kalah menarik saat berkunjung ke Desa Sade adalah atraksi budaya yang dipentaskan oleh masyarakat setempat. Saat ini Desa Sade Lombok memang telah membuka diri dengan menerima kunjungan wisata sehingga masyarakatnya juga kerap mempertontonkan kebudayaan mereka untuk menghibur wisatawan. Tidak heran memang bila banyak orang yang dibuat terpukau dengan kesenian dari Sade itu. Tari Presean dan Cupak Gerantang merupakan jenis tarian yang sering dimainkan. Selain itu, ada pula permainan alat musik tradisional yang dikenal dengan sebutan Gendang Baleq.

gendang beleq desa sade
gendang beleq desa sade

Menenun kain menjadi salah satu mata pencaharian warga yang dikerjakan oleh kaum wanita. Sementara itu, mata pencaharian utama yang dilakukan oleh kaum laki-laki adalah bertani. Kain tenun dari Desa Sade Lombok biasanya dikerjakan dengan cara tradisonal dengan alat tenun yang juga masih tradisional, dikenal dengan sebutan berire. Kain tenun yang dihasilkan biasanya memiliki motif yang berbeda-beda mulai dari motif sederhana hingga sangat rumit. Untuk pengerjaannya satu kain bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan. Tidak heran memang bila tenunan yang dihasilkan biasanya dihargai cukup tinggi. Namun hal itu tidak menjadi masalah karena kualitasnya yang sangat baik dengan hasil yang indah. Untuk menjual kain tenun masyarakat biasa memajangnya di bagian dalam atau depan rumah. Tidak jarang Anda juga bisa melihat langsung proses pembuatannya dan menanyakan filosofi khusus yang terkandung dalam setiap motif kain kepada masyarakat asli Sade.

Nah, itulah ulasan mengenai Desa Sade Lombok yang menjadi tempat wisata Lombok menarik untuk mempelajari kehidupan tradisional masyarakat yang sangat sederhana dan jauh dari hingar bingar kepadatan kota. Selain itu, warisan budaya yang amat kaya tentu saja akan membuat Anda makin memahami betapa Indahnya Indonesia.