by

Desa Wisata Lombok Paling Populer

Berwisata merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi agar Anda tidak penat dalam menghadapi kesibukan bekerja setiap hari yang tiada henti. Wisata yang saat ini sedang popular di kalangan masyarakat yaitu wisata alam dengan mengunjungi tempat-tempat di alam terbuka yang memiliki pemandangan yang indah dan sejuk. Selain itu Anda juga bisa mengunjungi desa wisata yang memamerkan kekayaan budayanya.

Salah satu wisata alam yang bisa Anda coba adalah mengunjungi desa wisata Lombok. Tempat ini menyuguhkan berbagai pemandangan yang asri, khas pedesaan selain itu Anda juga bisa belajar mengenai ketrampilan masyarakat sekitar dan kebudayaan yang dimiliki. Tentu pemandangan seperti ini akan jarang Anda temui di perkotaan tempat Anda sehari-hari tenggelam dalam kesibukan dunia kerja.

desa sukarare lombok

3 Desa wisata Lombok yang Wajib Anda Kunjungi

  1. Desa Banyumulek

Desa Banyumulek merupakan salah satu desa wisata Lombok yang ada kecamatan Kediri, kabupaten Lombok Barat. Di desa ini wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai keterampilan penduduknya dalam membuat gerabah. Desa ini ditetapkan menjadi sentra kerajinan gerabah sejak tahun 1990. Sebelumnya para penduduk hanya memproduksi gerabah seperti gentong dan tempayan untuk menyimpan berbagai bahan pokok seperti beras dan jagung, semata-mata untuk keperluan sendiri.

Sampai kemudian pemerintah Selandia Baru membantu mereka dengan mulai memperkenalkan pada pembuatan gerabah yang lebih modern dan mengarahkan mereka untuk mulai melebarkan sayapnya di bidang menjualan dengan mengikuti selera pasar dan hal tersebut berlangsung hingga kini. Tidak hanya dijual di dalam negeri, produk gerabah Desa Banyumelek sebagai desa wisata Lombok juga berhasil menembus pasar internasional di antaranya mereka telah berhasil menjual produk gerabahnya ke Selandia Baru dan Eropa.

  1. Desa Sukarara

Desa sukarara adalah salah satu desa wisata Lombok yang terkenal dengan kerajinan tenun atau songket. Sebagian besar wanita di desa tersebut bekerja sebagai penenunkain songket. Keterampilan menenun ini sudah diwariskan kepada anak perempuan mereka sejak kecil, sehingga bukan pemandangan yang aneh lagi bila Anda melihat anak kecil yang sudah pAndai menenun di desa tersebut. Bahkan kemampuan menenun ini adalah kemampuan yang wajib dimiliki oleh seluruh kaum wanita yang ada di desa Sukarara, dan hal ini merupakan salah satu yang dijadikan syarat pernikahan.

  1. Desa Sade

Tidak lengkap rasanya jika ke Lombok tidak berkunjung ke perkampungan suku asli Lombk yaitu suku Sasak. Suku ini tinggal disebuah desa Sade, yang berada di Lombok Tengah. Disini pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan desa berupa rumah-rumah tradisional beratap rumbia yang masih asli. Berdasarkan informasi dari Direktori wisata di lokasi, desa ini hanya dihuni oleh 400 jiwa dan keseluruhannya masih memiliki hubungan darah antar sepupu, hal ini merupakan hukum yang diterapkan suku Sasak dan dipertahankan hingga saat ini. Sehingga tak heran jika Desa Sade disebut sebagai desa wisata Lombok.

Tidak hanya keindahan alam, desa wisata yang unik di Lombok juga menyuguhkan wisata lain berupa kekayaan budaya setempat, seperti tentang keterampilan yang dimiliki oleh penduduk sekitarnya. Berikut ini 3 desa yang termasuk dalam desa wisata di Lombok. Demikian tadi informasi mengenai 3 tempatĀ wisata Lombok yang bisa menjadi pilihan Anda dalam berlibur, semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda semua. Selamat berwisata.