by

Eksotisme Panorama Ketinggian Gunung Tumpa

Kegiatan pendakian gunung sudah menjadi idola bagi banyak orang saat ini. Keindahan panorama alam yang tersaji di atas ketinggian sebuah gunung menjadikan kegiatan pendakian gunung menjadi semakin digemari wisatawan. Terlebih kemajuan teknologi saat ini yang menjadikan foto-foto keindahan pemandangan di atas gunung menjadi lebih mudah untuk tersebar luas. Indonesia juga merupakan negara yang kaya akan gunung-gunung tingginya. Nama-nama seperti Rinjani, Kerinci, Semeru, dan Gunung Tumpa telah terkenal di seluruh dunia sebagai destinasi wisata gunung karena keindahan pemandangan alam yang ditawarkannya.

Objek Wisata Gunung Tumpa

gunung tumpa
gunung tumpa

Memang selama ini jika membicarakan tentang wisata gunung, nama Rinjani menjadi favorit sebagai salah satu andalan wisata Lombok; Nusa Tenggara Barat. Bahkan pada Bulan Agustus, pendaki Gunung Rinjani didominasi oleh turis asing. Rinjani memang terkenal akan keindahannya, akan tetapi jauh di Tanah Sulawesi terdapat sebuah gunung yang menawarkan panorama alam yang tidak kalah dengan Gunung Rinjani. Sebuah gunung di Tanah Sulawesi tersebut adalah Gunung Tumpa. Letak dari Gunung Tumpa sendiri adalah di Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken, Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Gunung Tumpa sendiri merupakan gunung yang paling dekat dengan Kota Manado. Ketinggian yang hanya sekitar 700 meter di atas permukaan laut menjadikan gunung ini menjadi favorit tujuan wisatawan non pendaki yang ingin sedikit merasakan sensasi mendaki sebuah gunung. Memang jika dibandingkan dengan Gunung Semeru, Gunung Rinjani, dan Gunung Kerinci dengan ketinggiannya yang mencapai lebih dari 3500 meter di atas permukaan laut, Gunung Tumpa tidak ada apa-apanya. Akan tetapi panorama alam yang ditawarkan oleh Gunung Tumpa tidak kalah dari gunung-gunung tersebut.

Akses Menuju Gunung Tumpa Manado

Akses menuju Gunung Tumpa bukanlah hal yang sulit. Gunung Tumpa sudah terlihat jelas dari Kota Manado. Hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam saja dari pusat Kota Manado. Perlu diketahui bahwa kendaraan hanya bisa mengantar pengunjung hingga puncak gunung. Pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan setapak untuk sampai ke Puncak Gunung Tumpa ini yang tentunya melewati tanjakan seperti pendakian sebuah gunung pada umumnya. Jelas saja kondisi fisik perlu dipersiapkan untuk mendaki Gunung Tumpa, walaupun dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi.

Panorama keindahan alam yang ditawarkan oleh Gunung Tumpa yang pertama tentunya adalah keindahan Kota Manado dari atas ketinggian. Hal tersebut sudah jelas tentunya karena memang letak Gunung Tumpa yang paling dekat dengan Kota Manado. Terlebih jika petang atau malam saat cahaya lampu Kota Manado terlihat bagaikan cahaya bintang di langit dunia. Panorama keindahan alam lain yang tersaji di Gunung Tumpa tentunya merupakan sesuatu yang dicari pada pendakian gunung pada umumnya yaitu keindahan spektakuler saat matahari terbit dan saat matahari terbenam.

Waktu yang tepat untuk menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam tentunya saat menjelang kedua momen tersebut. Jika ingin melihat indahnya matahari terbit; pengunjung harus sampai sebelum pagi, sementara jika ingin melihat indahnya matahari terbenam; pengunjung harus sampai sebelum petang. Keindahan panorama alam dari Gunung Tumpa yang menarik banyak kunjungan wisatawan tentunya membuat pengunjung harus pandai-pandai mencari tempat untuk dapat melihat pemandangan yang tersaji.

Panorama selanjutnya yang dapat dinikmati dari Gunung Tumpa adalah keindahan Teluk Manado dengan air lautnya berwarna biru yang seakan menyatu dengan birunya langit. Tidak ketinggalan pemandangan berupa pulau-pulau yang terlihat mengapung di atas lautan semakin mempercantik pemandangan langsung menuju Teluk Manado.