by

Eksotisnya Bukit Bangkirai Wisata Alam Samarinda

Sensasi liburan ke tempat wisata alam sepertinya masih menjadi pilihan utama dalam menghabiskan waktu di akhir pekan. Banyak orang lebih memilih liburan ke sebuah tempat bernuansa alam dimana mampu menghilangkan rasa penat mereka. Jika kita berbicara tentang destinasi wisata alam tentu saja tidak lepas dari daerah Indonesia seperti di Lombok dan Kalimantan, akan tetapi kita tidak akan membahas wisata Lombok, melainkan wisata di Kalimantan.
Tentu menjadi satu sensasi wisata yang menarik jika berkunjung ke Kalimantan tepatnya di Samarinda karena banyak desitinasi wisata alam menyajikan pemandangan menarik salah satunya Bukit Bangkirai.

Objek Wisata Bukit Bangkirai

bukit bangkirai samarinda
bukit bangkirai samarinda

Bagi masyarakat Samarinda tentu saja sudah mengerti seperti apa tempat wisata berupa bukit tersebut, akan tetapi bagi para pelancong yang berencana pergi ke salah satu tempat wisata favorit di Samarinda ini sebaiknya kenali dahulu apa saja keunggulannya. Seperti apa keunikan dari tempat wisata Bangkirai? Salah satu destinasi wisata di Kalimantan tepatnya berada di Balikpapan- Samarinda tersebut menyajikan pemandangan alam spektakuler bahkan ada beberapa spot menarik salah satunya jembatan gantung yang sering dijadikan satu lokasi berfoto. Bukit Bangkirai tersebut berada di tengah-tengah area hutan alami dengan luas mencapai 1.500 hektar. Jadi bisa dibayangkan suasana alam di sekitar bukit akan terasa sangat alami.

Selain digunakan sebagai kawasan hutan tropis, salah satu bukit di Kalimantan tersebut dianggap sebagai kawasan paru-paru Bumi. Wisatawan bisa merasakan lingkungan yang masih asri mulai dari pohon besar hingga fauna yang mungkin belum pernah Anda saksikan. Daya tarik dari objek wisata tersebut adalah Jembatan Tajuk yang menjadi satu spot menarik dengan sensasi berjalan di atas ketinggian 30 meter. Bagi Anda yang menginginkan tantangan bisa melintasi jembatan gantung tersebut. Panjang dari Jembatan Tajuk tersebut mencapai 64 meter dengan menghubungkan 5 pohon Bangkirai dengan jarak 10 sampai 15 meter.

Keunikan Bukit Bangkirai

Sekedar informasi, bahwa Jembatan Tajuk tersebut menjadi yang pertama di Indonesia bahkan menjadi peringkat kedua di kawasan Asia dengan standar keamanan tinggi. Rancangan khusus dari Jembatan Tanjung tersebut dibuat menggunakan bahan kayu dan besi antikarat yang dijamin mampu menopang semua wisatawan. Sensasi angin semilir dan pemandangan hutan akan membuat Anda merasa takjub bahkan bisa dijadikan satu spot foto menarik.
Selain Jembatan Tajuk, pelancong bisa mengabadikan momen kebersamaan dengan fauna di sekitar Bangkirai yakni monyet ekor panjang.

Beberapa fauna lainnya juga turut hadir menyapa wisatawan seperti lutung merah, rusa sambar, bajing, dan beruk. Bagi para pecinta fauna tempat wisata di Samarinda ini sangat cocok dijadikan satu momen tepat berinteraksi dengan hewan langka. Tidak hanya dari fauna saja, dari sektor flora juga didominasi oleh anggrek yang masih tumbuh secara alami disekitar bukit. Jangan heran jika kamu menemukan banyak jenis anggrek di Bengkirai, karena dari total semua jenis ada 45 macam anggrek di kawasan tersebut.

Bukit Bengkirai menjadi satu spot wisata menarik yang sangat cocok dijadikan satu tempat berwisata bersama keluarga. Akan tetapi ada beberapa aturan selama Anda berwisata di Bengkirai yakni tidak boleh membuang sampah sembarangan, jangan merusak tanaman, dan jangan sekali-kali mengganggu atau menyakiti hewan yang nanti Anda jumpai. Jika Anda ingin merasakan sensasi wisata alam berkelas internasional bisa langsung mengunjungi Bengkirai di Samarinda pada musim panas agar bisa menikmati keindahan Jembatan Tajuk dan keindahan alam disekitar Bengkirai.