by

Liburan Keluarga ke Lombok dari Wisata Bahari sampai Wisata Budaya

Merencanakan liburan bersama keluarga memang hal yang sangat menyenangkan. Berbagai tempat wisata bisa Anda pilih, salah satunya Lombok. Pulau yang bertetanggan dengan Bali ini merupakan surga tempat wisata yang masih terjaga kealamiannya. Liburan keluarga ke Lombok bisa Anda nikmati dengan mengunjungi pantai indah khas Lombok, desa wisata, berbagai gili yang menawan, dan wisata lainnya. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata Anda bersama keluarga.

Pantai Tanjung Bongo
Pantai Tanjung Bongo

Liburan Keluarga ke Lombok Mengunjungi Desa Wisata Senaru

Menginjakkan kaki di Desa Senaru, akan membawa Anda merasakan kehidupan masyarakat asli Lombok yang masih mempertahankan unsur religi dan budayanya. Rumah-rumah penduduk di Desa Senaru sangat khas dan alami yakni beratapkan rumbia, beralaskan tanah liat, dan bedek sebagai pagar rumah. Daya tarik selain rumah adatnya adalah suasana Desa Senaru yang sangat asri dan sejuk. Hal tersebut karena Desa senaru berada di daerah kaki Gunung Rinjani. Anda bisa menikmati wisata alam seperti Air Terjun Kiu Telep dan Air Terjun Sendang Gile yang memiliki ketinggian sampai 42 meter. Selain wisata alam, situs sejarah Masjid Bayan Beleq juga bisa Anda kunjungi. Salah satu wisata budaya di Lombok ini dibangun pada abad ke 17 dan dikelilingi oleh makam-makam keramat.

Liburan Keluarga ke Lombok dengan Berwisata Bahari

  1. Gili Kedis

Liburan ke Lombok tidak puas rasanya kalau melewatkan berkunjung ke berbagai Gili Lombok, salah satunya Gili Kedis. Beberapa gili di Lombok ada yang berpenghuni dan ada yang tidak, dan Gili Kedis ini termasuk yang tidak berpenghuni. Akses mencapai Gili Kedis bisa dari Pelabuhan Tawung atau Pelabuhan Lembar. Suasana Gili Kedis masih sangat alami, dan sepi sehingga Anda akan merasa liburan di pulau keluarga sendiri. Keindahan laut dan pemandangan di bawahnya sangat indah dan jernih mengingat bahwa Gili Kedis belum banyak terjamah oleh orang. Anda akan puas berjalan menyusuri pantai berpasir putih yang masih bersih. Gili Kedis menjadi pilihan tepat bagi Anda dan keluarga yang menginginkan ketenangan dan kesegaran alam.

  1. Gili Nanggu

Satu lagi gili di Lombok yang menawarkan suasana tenang seperti sedang berlibur di pualu milik sendiri, Gili Nanggu. Lokasi Gili Nanggu berada di pesisir barat, dan memiliki ukuran yang tidak terlalu luas. Waktu yang ditempuh menuju Gili Nanggu dari Pelabuhan Lembar sekitar 40 menit dengan menaiki perahu atau pun speed boat. Tidak kalah dengan keindahan dua gili paling terkenal di Lombok, Trawangan dan Meno, Gili Nanggu pun menyuguhkan wisata bahari yang masih alami dan memukau. Jika berencana menginap, Anda dan keluarga bisa menyewa kamar di resort Gili Nanggu. Resort ini juga sudah dilengkapi dengan akomodasi antara lain perlengkapan snorkeling dan diving, wahana olahraga air, lintasan jogging, dan akomodasi penunjang lainnya.

  1. Pantai Pink Lombok

Objek wisata yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Pink Lombok. Dari namanya sudah bisa tergambarkan bahwa keunikan pantai ini adalah memiliki pasir berwarna pink. Pantai berpasir pink ini hanya ada tujuh di dunia, lho! Dua pantai di antaranya ada di Indonesia yaitu Lombok dan Flores. Warna pink pada pasir tersebut dihasilkan dari percampuran antara pasir putih dengan serpihan-serpihan kerang yang berwarna merah muda. Pada siang hari, bias cahaya akan semakin memantulkan warna pink yang indah di sepanjang pantai. Ombak Pantai Pink juga terbilang tenang sehingga cukup aman untuk bermain air. Bukit yang ada di sekitar pantai ini pun semakin menambah keindahan.

Dengan memahami liburan keluarga ke lombok yang benar, Anda pun dapat berwisata dengan senang bersama anggota keluarga.