by

Objek Wisata Lombok Utara Paling Ikonik

Jika harus menyebut salah satu objek wisata Lombok Utara atau paket tour Pulau Lombok secara keseluruhan, maka hampir pasti Anda akan mengatakan Gili Trawangan. Bagaimana tidak, keindahannya memang telah tersohor hingga ke telinga wisatawan mancanegara. Gili Trawangan telah menjadi salah satu objek wisata ikonik, tak hanya di Lombok Utara namun juga di sepenjuru Lombok. Tidak lengkap rasanya berwisata ke Pulau Lombok kalau belum menyaksikan sendiri pesona dari Gili yang satu ini. Selain Gili Trawangan, ada pula Gili Meno. Popularitasnya memang belum seperti Gili Trawangan, namun pesona pantainya tak kalah mempesona.

Objek Wisata Lombok Utara Gili Trawangan

gili trawangan andong
gili trawangan andong

Dibandingkan tiga gili yang ada, Gili Trawangan adalah yang paling besar ukurannya. Ukuran panjangnya 3 km dan lebarnya kira-kira 2 km. Populasi Gili Trawnagan sekitar 800 jiwa banyaknya. Fasilitas yang tersedia di objek wisata Lombok Utara ini terbilang paling lengkap dibanding kedua gili lainnya. Termasuk di antaranya adalah kedai Tir Na Nog yang merupakan bar Irlandia. Bahkan, Gili Trawangan adalah pulau paling kecil di dunia yang memiliki bar Irlandia di dalamnya. Trawangan sekaligus memiliki nuansa pesta yang melebihi Gili Meno serta Gili Air. Ini karena ada sangat banyak pesta yang digelar sepanjang malam dan dirotasi di beberapa tempat keramaian.

gili trawangan snorkeling
gili trawangan snorkeling

Aktivitas lain yang tak kalah populer di Gili Trawangan adalah snorkelling hingga scuba diving. Selain itu, Anda juga dapat sekedar berjalan-jalan di pinggir pantai ataupun berenang. Keunikan lain dari objek wisata Lombok Utara ini adalah tidak diizinkannya kendaraan bermotor untuk beroperasi. Sarana transportasi yang umum digunakan adalah sepeda serta cidomo, kereta kuda sederhana di Lombok. Kelebihan lainnya dari Gili Trawangan ialah Anda dapat menikmati sunrise serta sunset sekaligus di pantai yang sama. Ini karena pantai Gili Trawangan memiliki pantai yang jaraknya tidak terlalu jauh dan masing-masing menghadap ke arah timur serta barat. Di Gili Trawangan juga terdapat kesenian bela diri tradisional bernama presean yang umumnya akan dipertontonkan di pasar seni Gili Trawangan.

Objek Wisata Lombok Utara Gili Meno

gili meno pantai
gili meno pantai

Gili Meno memang belum sepopuler Gili Trawangan, namun keindahannya tak kalah dari Gili Trawangan. Objek wisata Lombok Utara satu ini bisa dicapai dalam waktu kira-kira 45 menit dari Kota Mataran. Perjalannya akan melewati Pantai Senggigi dan latar belakangnya adalah pemandangan pantai yang sangat menakjubkan. Selain itu terdapat pula hutan lindung dengan koleksi burung-burung langka baik dari Indonesia maupun mancanegara. Pasir di gili ini sendiri masih putih alami. Penggunaan kendaraan bermotor juga dibatasi seperti halnya di Gili Trawangan, demikian pula dengan penggunaan listrik. Gili Meno sekaligus adalah pulau paling kecil dan paling sepi di antara tiga gili lainnya.

Pantai bisa dijelajahi kira-kira 90 menit dengan berjalan kaki. Jika membawa barang cukup banyak, Anda bisa menggunakan cidomo yang dapat membantu mengangkut barang bawaan. Walaupun sunyi, Gili Meno tetap memiliki penghuni, namun hanya sebanyak 400 orang saja. Sebagian besar penduduknya tinggal di sekitar jalan penghubung bagian pulau. Menikmati keindahan objek wisata Lombok Utara ini juga bisa dengan cara snorkelling. Sangat menyenangkan saat melakukan snorkelling di sini karena keanekaragaman hayati yang begitu melimpah. Apalagi jika Anda adala penggemar diving, maka jangan sampai lewatkan kegiatan diving di Gili Meno. Demikian uraian seputar tempat wisata menarik di Lombok Utara.