by

Siapkan Lidah Anda dengan Pedasnya Makanan di Lombok

Sebagai daerah wisata Lombok tentunya mempunyai ciri khas yang lain selain keindahan alamnya. Tentunya anda pasti sudah tahu, berbagai daerah pasti mempunyai makanan khasnya masing-masing, begitu juga dengan Lombok. Jika anda berlibur ke Lombok siapkan uang lebih untuk kuliner makanan khas daerah Lombok karena anda akan menyesal jika berlibur hanya untuk melihat keindahan alamnya saja tanpa mencoba makanannya. Makanan di Lombok sangat beragam, mulai dari sayur, ayam, bahkan sampai nasi. Membahas makanan pasti membuat anda lapar bukan? Mari kita simak beberapa makanan yang menjadi ciri khas Lombok ini. Hati-hati ketika membacanya perut anda berbunyi karena ikut lapar dan ingin merasakan makanan ini.

Plecing Kangkung

pelecing kangkung
pelecing kangkung

Plecing kangkung merupakan salah satu makanan di Lombok yang terbuat dari bahan kangkung Lombok yang berbeda dengan kangkung biasa. Kangkung ini mempunyai batang yang sedikit lebih besar dan ditanam di sungai mengalir dengan metode tertentu. Plecing kangkung berupa sayuran kangkung rebus dengan sambal tomat yang biasanya disajikan bersamaan dengan ayam taliwang. Tidak lupa, untuk menambahkan jeruk nipis pada plecing kangkung agar menambah rasa di mulut anda. Dikarenakan plecing kangkung ini pedas, terkadang disajikan juga dengan tambahan rebus tauge, kacang panjang dan kacang tanah. Plecing kangkung ini dapat ditemui di berbagai rumah makan di Lombok.

Ayam Taliwang

ayam taliwang
ayam taliwang

Salah satu makanan di Lombok yang sangat populer adalah ayam taliwang. Berbahan hanya ayam kampung yang digoreng, dipanggang maupun dibakar yang terlihat sama saja rasanya dengan masakan lain yang berbahan sama, ayam taliwang ini juga tidak hanya berada di Lombok, di pulau Jawa dan Sumatra pun banyak tersedia. Namun, yang menjadi ciri khas dari ayam taliwang Lombok adalah bumbu rempah yang digunakannya, rasanya akan berbeda tentunya dengan ayam taliwang di daerah lain. Disini, ayam taliwang dibumbui dengan cabe besar dan cabe rawit yang membuatnya sangat pedas katanya masyarakat Lombok sangat menyukai pedas. Tak heran jika kebanyakan masakan Lombok rasanya pedas.

Sate Tanjung

sate tanjung
sate tanjung

Makanan di Lombok lainnya adalah sate tanjung. Sate tanjung yang berasal dari Kecamatan Tanjung Lombok Utara ini berbeda dari kebanyakan sate di daerah lain. Bagaimana tidak, sate yang biasanya terbuat dari bahan ayam, sapi atau kambing, sate tanjung ini berbahan ikan laut. Ikan yang biasa digunakan sate tanjung adalah ikan Cikalang atau ikan Langoan. Untuk rasanya anda tidak perlu khawatir, sate tanjung memiliki rasa gurih dari santan dan pedas manis dari bumbu rempah-rempah yang digunakannya. Penyajian sate tanjung juga dirasa cukup unik karena disajikan diatas opak yang terbuat dari singkong. Untuk teman santapannya hampir sama dengan sate pada umunya dengan nasi atau lontong, atau bahkan di Lombok terkadang disajikan dengan menu plecing kangkung atau urap sayur.

Sebenarnya masih banyak lagi seperti kelaq batih, sate bulayak, sate rembiga, nasi puyung yang berisi suwiran daging ayam yang dicampur dengan cabai, kedelai kacang dan udang kering, beberuk terong, poteng jaje tujak dan iwel, ares, bebalung, dan masih banyak lagi yang mempunyai keunikan rasa pedas masing-masing, Kebanyakan makanan Lombok mempunyai rasa yang pedas, karena masyarakat Lombok ini menyukai rasa pedas. Maka jangan sampai anda melewatkan pedasnya makanan disini yang dapat membuat panas di mulut dan lidah anda bergoyang. Bagaimana? Apakah anda ingin mencoba semua makanan ini? Rasanya kurang lengkap jika anda berlibur ke Lombok tanpa mencoba makanan khas daerah Lombok. Bersiaplah untuk merasa ketagiahan makanannya. Selamat mencicipi