by

Pura Lingsar, Tempat Traveling Minim Budget di Lombok

Lombok selalu dapat menarik perhatian siapa saja untuk datang mengunjunginya. Pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini memiliki begitu banyak tempat wisata menarik yang dapat dijadikan destinasi untuk liburan bersama keluarga. Bagi Anda yang sedang ingin traveling dengan budget minim bisa coba untuk berkunjugn ke Pura Lingsar. Pura Lingsar adalah tempat yang tepat untuk mewujudkan mimpi Anda liburan ke tempat traveling minim budget di Lombok.

traveling minim budget ke Lombok

Sejarah dan Keunikan Pura Lingsar, Tempat Traveling Minim Budget di Lombok

Saat Anda berlibur di Pulau Lombok, Anda perlu mengunjungi Pura Lingsar. Dengan Anda berlibur ke tempat tersebut Anda dapat memperoleh keuntungan karena melakukan traveling minim budget ke Lombok. Anda juga tidak akan kecewa karena sudah berkunjung ke tempat tersebut, yang pasti terlebih dahulu sebelum berkeliling pura, Anda harus mengetahui sejarah didirikannya pura tersebut.

Pura Lingsar sudah berdiri sejak tahun 1741. Pura yang didirikan oleh Raja Ketut Karangasem yang merupakan raja keramat. Pura tersebut merupakan kombinasi antara nilai-nilai ajaran Hindu dan Islam Wektu Telu. Oleh karena itu, pura tersebut dibagi menjadi 2 bagian, yakni bagian utara digunakan sebagai pura Hindu Gaduh dan bagian selatannya digunakan untuk pura Wektu Telu yang biasa disebut Kemaliq. Tujuan dibuatnya Pura Lingsar adalah untuk menyatukan masyarakat Sasak dan Bali.

Kedua umat penganut beda agama tersebut dapat hidup berdampingan dengan rukun. Mereka saling menghargai perbedaan dan saling gotong royong di luar kewajiban keagamaan. Mereka juga memiliki tradisi masing-masing yang diyakini untuk melestarikan mata air di Pura Lingsar. Bagi masyarakat Hindu, upacara yang dilakukan bernama Odalan atau Pujawali, sedangkan umat Islam melaksanakan upacara Perang Topat yang dilaksanakan oleh umat Sasak. Kedua upacara tersebut berlangsung dalam waktu dan tempat yang sama. Liburan Anda akan terasa leih lengkap saat melakukan traveling minim budget ke Lombok saat dapat menyaksikan upacara tersebut secara langsung.

Saat Anda mengunjungi tempat traveling minim budget ke Lombok ini, Anda akan menemukan beberapa fasilitas di dalamnya. Bangunan Pura Lingsar merupakan kompleks taman yang besar dan memiliki keistimewaan bagi para pengunjung maupun masyarakat sekitar. Berikut beberapa icon yang ada di Pura Lingsar:

  1. Bale Banten yang terletak di sebelah barat dan biasa digunakan untuk upacara.
  2. Bale Perarianan, biasa digunakan untuk tempat peristirahatan sebelum atau sesudah sembahyang. Terletak di sebelah barat dan timur. Biasanya juga digunakan untuk penempatan sesajen yang akan dijadikan sebagai persembahan.
  3. Bale Pawedaan, digunakan sebagai tempat memimpin upacara oleh pendeta.
  4. Penyungsungan Betara Gunung Agung, tempat yang digunakan sebagai pemujaan terhadap Betara Gunung Agung oleh masyarakat Hindu. Badan bangunannya dipenuhi hiasan bunga padma dan relief punakawan.
  5. Penyungsungan Betara Alit Sakti di Bukit, letaknya di sebelah barat dan dipuja sebagai tempat Betari. Betari dipercayai sebagai ibu dari Betara Alit Sakti (Anak Agung Ayu Rai/Berebah) yang mengarah ke bukit. Sebelah timurnya dipuja sebagai Betara Alit Sakti.
  6. Penyungsungan Betara Ngerurah, digunakan sebagai tempat pemujaan Ratu Ngurah.
  7. Penyungsungan Betara Gunung Rinjani, digunakan sebagai tempat pemujaan Betara Gunung Rinjani.
  8. Pancuran Siwak yang memiliki sembilan buah pancuran, dan terbagi menjadi dua pemandian untuk laki-laki dan perempuan.
  9. Candi Bentar di sebelah utara dan selatan yang keduanya merupakan pintu masuk.

Begitulah sekilas tentang sejarah dan keunikan yang bisa ditemukan di Pura Lingsar. Liburan Anda tidak sia-sia karena sudah melakukan traveling minim budget ke Lombok dan banyak ilmu pengetahuan tentang sejarah keagamaan di Pura Lingsar yang bisa Anda pelajari.