by

Raja Ampat, Destinasi Wisata Bawah Laut Yang Menawan

Raja Ampat merupakan tempat wisata bahari yang sudah terkenal hingga ke mancanegara dikarenakan keanekaragaman flora dan faunanya yang paling banyak jenisnya, tidak hanya di Indonesia bahkan di dunia. Tempat wisata berupa kepulauan dengan wilayah berupa pulau-pulau kecil dan empat pulau utama serta wilayah perairan yang luas di bagian barat Papua, tepatnya di bagian paruh burung pada Papua. Jika kita mengunjungi tempat ini, maka mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan indah dan alami.

Objek Wisata Raja Ampat Papua

pesona raja empat
pesona raja empat

Wilayah ini berada di Kabupaten Papua Barat, di antara tiga gugusan karang dunia, dan mempunyai 610 pulau tapi hanya 35 pulau yang dihuni oleh masyarakat Papua. Ibu kota kabupatennya berada di Waisai, untuk kemari harus menggunakan taransportasi laut, dengan dikelilingi oleh empat pulau utama yaitu Pulau Batanta, Misool, Salawati, dan Waigeo. Dinamakan ‘Raja Ampat’ menurut sejarah yang sudah beredar melalui cerita rakyat sekitar, dimana arti dari penamaan tempat tersebut adalah ‘Empat Raja’. Cerita yang beredar berbeda-beda, sama seperti legenda umumnya.

Saya membaca ada dua versi, secara keseluruhan, asal kata ‘Empat Raja’ ini dikisahkan ditemukannya telur oleh penduduk untuk kemudian dibawa pulang, lalu telur ini menetas menjadi 4 anak laki-laki yang kemudian tumbuh menjadi raja dan memerintah secara bijaksana di empat pulau yaitu Batanta, Misool, Salawati, dan Waigeo. Ada cerita yang mengisahkan ditemukan 7 telur dan 5 telur, dan sisanya ada yang menetas menjadi hantu dan seorang perempuan dan yang terakhir menjadi batu, sementara cerita lainnya mengatakan telur terakhir seorang perempuan.

Anyway, sejarah adalah asal-usul, sebagai identitas, yang terpenting sekarang adalah atraksi yang ada di tempat ini. Menjadi surganya biota bawah laut, ada 540 jenis karang dan 1.511, karang di sini mempunyai 75% spesies dari seluruh karang di dunia. Ada 27 spesies ikan langka, 5 spesies penyu langka, 13 spesies hewan mamalia laut, dan 57 spesies udang, betapa kaya, bukan? Untuk bisa datang kemari, Anda harus menggunakan transportasi udara menuju Kota Sorong, tapi harus transit dulu karena tidak ada penerbangan internasional.

Rute Menuju Raja Ampat Papua

Dari Kota Sorong, tempuhlah dengan taxi ke Pelabuhan Rakyat yang akan menuju ke ibukota Raja Ampat atau Kota Waisai. Masih dalam perjalanan, setelah itu Anda naik kapal ferry menuju Kota Waisai yang berangkat sekitar pukul 14.00 WIT, untuk kapal lainnya akan berangkat selang 1-2 jam kemudian, dan Anda dapat juga naik speedboat, tapi dianjurkan sebelum air laut pasang, karena gelombang yang besar dapat membahayakan perjalanan. Setelah tiba di Waisai, Anda harus menemui kantor Depbudpar di sana untuk membayar biaya konservasi, baru bisa mencari penginapan.

Dalam menikmati wisata Anda di sini, ada banyak oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang, seperti patung kayu ukir suku Asmat, drum unik, kain tradisional, anyaman, alat musik tradisional, dan seruling. Bisa menjadi buah tangan yang khas, bukan? Selain menikmati pemandangan bawah laut dan pemandangan di darat yang tidak kalah keren, Anda pun dapat mempelajari kehidupan masyarakat di sana, itulah salah satu atraksi yang ditawarkan di sini, selain menjelajah alam dan snorkeling maupun diving.

Jangan lupa, tempat wisata di Indonesia masih banyak yang menarik, seperti tempat wisata di Lombok yang menarik untuk dikunjungi saat libur panjang nanti.