by

Rangkaian Tour Wisata Lombok Yang Menarik Untuk Diikuti

Rangkaian tour yang ditawarkan memang selalu menarik. Apa lagi destinasi yang dipilih punya potensi besar terhadap wisata. Seperti Pulau Lombok salah satunya. Ada banyak penawaran rangkaian tour wisata Lombok dengan agenda perjalanan berbeda-beda. Sebagian besar pasti memasukan daftar tempat wisata populer dan favorit. Mulai dari Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, sampai Lombok Selatan. Uniknya, setiap bagian Pulau Lombok tersebut punya banyak tempat wisata menarik dan berhasil menyita perhatian para traveler mancanegara. Tempat wisata itu juga punya kelebihan masing-masing dan bikin traveler ingin bisa mengelilingi semuanya. Setidaknya, Anda butuh waktu minimal tiga hari untuk bisa mendatangi tempat wisata pilihan di Lombok.

Tour Wisata Lombok Dengan Menyeberang Ke Gili

gili trawangan snorkeling
gili trawangan snorkeling

Gili atau pulau kecil jadi tempat wisata menarik yang banyak dipilih. Gili bertebaran di Kepulauan Lombok. Masing-masing gili punya pemandangan dan luar berbeda. Gili yang paling favorit dengan fasilitas cukup lengkap ialah Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Ketiga gili tersebut berada di Lombok Barat atau di antara Lombok Barat dan Lombok Timur. Tour wisata Lombok dengan perjalanan ke gili bisa memakan waktu satu sampai dua hari. Tergantung dengan jadwal tour atau juga traveler yang mengikutinya. Gili Trawangan punya kelebihan pada sisi kelengkapan fasilitas. Di pulau kecil ini sudah banyak tempat menginap, restoran, dan tempat hiburan yang buka sampai dini hari.

gili trawangan andong
gili trawangan andong

Belum lagi warga sekitar yang menawarkan penyewaan perlengkapan wisata yang memudahkan traveler untuk lebih menikmati liburan. Anda juga bisa sewa sepeda atau naik Cidomono buat mengelilingi Gili Trawangan. Gili Air dan Gili Meno juga tidak kalah indah dan jadi spot wisata air favorit. Yang bikin beda ialah tempat hiburan cuma ada di Gili Trawangan. Jadi, kalau Anda pilih tour wisata Lombok menginap di Gili Air atau Gili Meno dan ingin mengikuti acara hiburan malam, Anda harus menyeberang ke Gili Trawangan terlebih dahulu. Malam menjelang dini hari Gili Air dan Gili Meno sepi, tidak ada aktivitas seramai di Gili Trawangan.

Jelajah Desa Adat Dan Pusat Kerajinan Dalam Tour Wisata Lombok

gendang beleq desa sade
gendang beleq desa sade

Pulau Lombok ialah satu pulau di Indonesia yang masih terus melestarikan budaya, adat, serta ciri khas. Walau jadi tempat yang banyak diincar untuk pembangunan karena potensi wisatanya yang besar, penduduk di Pulau Lombok masih memegang teguh budaya dan adat mereka, juga mengenalkan beragam ciri khas sebagai identitas mereka pada traveler. Ada beberapa desa di Lombok yang sering dikunjungi traveler yaitu Desa Sukarara, Desa Sade, dan Desa Banyumulek. Tour wisata Lombok dengan menjelajah desa sangat diminati, khususnya bagi traveler asal luar negeri. Ada apa aja di desa-desa itu?

desa sukarare lombok
desa sukarara lombok

Desa Sukarara ialah desa pengerajin kain tenun. Dari sisi budaya dan tradisi, penduduk di desa ini sudah lumayan modern dengan bangunan tempat tinggalnya yang sudah berupa dinding bata. Anda bisa melihat teras rumah mereka yang disulap jadi tempat pembuatan dan penjualan kain tenun. Sama dengan Desa Sukarara, Desa Sade juga jadi desa pengerajin kain tenun. Bedanya Desa Sade masih sangat kental unsur adat dan budaya. Rumah-rumahnya masih berupa rumah kayu. Sementara Desa Banyumulek adalah desa pengerajin gerabah atau keramik.

Tour wisata Lombok tidak cuma berkunjung ke tempat wisata alamnya, tetapi juga mengenal budaya sekitar.