by

Sejarah Dibalik Keindahan Danau Tiga Warna Gunung Kelimutu

Keindahan gunung indonesia sangat beragam sekali, dengan memiliki keunikan serta ciri khas masing-masing pada setiap daerah yang ada di Indonesia. Salah satu gunung yang memiliki keindahan yang sangat mempesona adalah gunung kelimutu. Gunung kelimutu ini merupakan gunung yang masih aktif dan terletak di kepulauan flores, provinsi nusa tenggara timur, Indonesia, tepatnya berada di desa pemo, kecamatan kelimutu, kabupaten ende. Keunikan dan ciri khas yang dimiliki oleh gunung kelimutu ini adalah pada kawah yang berada di puncak gunung.

Danau Tiga Warna Gunung Kelimutu

danau tiga warna gunung kelimutu
danau tiga warna gunung kelimutu

Kawah yang ada di sini memiliki tiga warna, yang masing-masing memiliki warna yang berbeda yakni warna merah, warna biru, dan juga warna hijau yang juga dapat berubah dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Cerita misteri yang dimiliki dan telah dipercayai oleh warga sekitar gunung kelimutu ini yaitu, mereka percaya bahwa dua danau yang terdapat pada kawah gunung kelimutu adalah tempat yang digunakan untuk tinggal para arwah nenek moyang mereka. Mereka percaya bahwa orang-orang yang baik hatinya berada di danau yang memiliki warna cerah dan untuk warna danau yang lebih gelap maka yang tinggal di sana adalah arwah-arwah orang yang dulunya jahat.

Sejarah Danau Tiga Warna

danau tiga warna
danau tiga warna

Sejarah mengenai terbentuknya danau kelimutu yang memiliki tiga warna ini masih belum dapat dipastikan, karena masih sedikit sekali literatur ilmiah yang digunakan untuk menjadi acuan mengenai terbentuknya danau tiga warna ini. Sekarang masih diadakan penelitian lebih lanjut mengenai danau tiga warna ini agar dapat diketahui mengapa warna dari danau tiga warna ini bisa berubah-ubah setiap waktunya.

Danau tiga warna ini pertama kali ditemukan oleh seorang dari belanda, yang mana dia adalah komandan militer belanda dan bernama b. Van suchtelen. Ditemukan pertama kali tepatnya pada tahun 1915 hingga gunung ini akhirnya mulai memiliki ketenaran di kalangan wisatawan kala itu.

Keindahan Gunung Kelimutu

keindahan danau tiga warna
keindahan danau tiga warna

Apalagi setelah seorang bernama y. Bouman melukiskan keindahan tempat indah ini lewat tulisannya yang diterbitkan pada tahun 1929, setelah itu semakin banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin melihat keindahan serta keunikan yang dimiliki oleh gunung kelimutu dengan danau tiga warna ini.

Nama yang didapatkan untuk gunung kelimutu ini sendiri berasal dari kata kelly, yang mana memiliki arti yaitu gunung dan juga kata mutu yang memiliki arti mendidih. Sehingga jika digabungkan kedua kata tersebut maka berarti gunung yang mendidih. Seperti yang sudah saya singgung di atas tadi, bahwa gunung ini memiliki kawah dengan tiga warna yang berbeda yaitu biru, merah, dan juga hijau.

Setiap masing-masing kawah juga memiliki nama sendiri seperti halnya kawah yang berwarna biru biasanya disebut sebagai tiwu ata mbupu, yang memiliki arti sebagai danau orang tua. Untuk kawah yang berwarna hijau memiliki julukan dengan nama tiwu nuwa muri koo fai dan memiliki arti danaunya muda-mudi. Sedangkan untuk yang terakhir yaitu kawah dengan warna merah biasanya disebut dengan tiwu ata polo, yang mana memiliki arti sebagai danau sihir. Terlepas dari sejarah dan juga segala hal yang ada dan dimiliki oleh gunung kelimutu ini, namun yang pasti gunung ini memiliki keindahan dari pemandangannya yang luar biasa.

Itulah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan mengenai kisah misteri dan sejarah dari keindahan danau tiga warna gunung kelimutu. Semoga informasi pada artikel kali ini menambah wawasan anda, terima kasih.