by

Serunya wisata Ke Kalibaru Naik Kereta Wisata Kaliraga

Naik Kereta Api merupakan hal yang biasa untuk para masyarakat Indonesia, terlebih lagi untuk mereka yang kesehariannya sudah terbiasa memakai transportasi tersebut. Namun bagaimana kalau naik kereta api sambil menikmati wisata pemandangan alam yang sangat menakjubkan, dan pastinya anda belum pernah melakukan hal tersebut bukan? Indonesia merupakan negara yang memiliki 7 kereta wisata yang dikelola oleh PPKI, salah satunya yaitu kereta wisata di Lori Kaliraga. Resmi nya kereta wisata tersebut beroperasi di bawah PTK kereta berada di wilayah Kabupaten Banyuwangi sampai perbatasan Jember.

Kereta Wisata Kaliraga Di Kalibaru

kereta wisata kaliraga
kereta wisata kaliraga

Berbeda dengan kereta api lainnya, kereta api tersebut merupakan kereta yang berbentuk mini alias mungil, kereta tersebut merupakan kereta yang berukuran layaknya seperti kereta lori yang biasanya dipakai untuk mengangkut tebu, meski secara tampilan kereta tersebut lebih mirip dengan kereta kelinci, kereta wisata ini memiliki kapasitas penumpang maksimal hanya 8 orang.

Dinamakan sebagai kaliraga karena sesuai rutenya melewati wilayah Kalibaru merawan dan garahan, apabila anda berwisata ke tempat ini maka anda bisa melihat dan menikmati perjalanan menaiki kereta api sepanjang 18 km dari stasiun Kalibaru di Banyuwangi sampai stasiun garahan di Jember dengan lama perjalanan setelah kurang lebih 2 jam.

Lori wisata merupakan kereta yang memakai mesin diesel yang dijalankan oleh dua orang kru dan memakai jalur kereta api aktif. Apabila ada kereta api maka anda perlu menunggu giliran terlebih dahulu. Untuk menggunakan Lori wisata ini anda perlu membayar tarif kurang lebih 500 ribu per kereta. Terdapat 2 buah lori yang dapat anda gunakan untuk berkeliling, dan jika anda datang dengan rombongan maka 2 lori tersebut dapat di gandeng menjadi satu, sehingga anda dengan rombongan dapat keliling bersama.

Keindahan Agrowisata Di Kalibaru

terowongan garahan dan mrawan
terowongan garahan dan mrawan

Di perjalanan, anda akan di ajak untuk menikmati agrowisata perkebunan teh, perkebunan kopi, perkebunan coklat, hutan pinus dan juga tidak lupa panorama dari gunung gumitir. Pada saaat musim panen kopi, bau kopi akan tercium di mana-mana. Kereta lori ini juga akan melewati kurang lebih sekitar 2 buah terowongan kereta api dan juga 7 buah jembatan yang sudah di bangun pada masa pemerintahan belanda dahulu.

Dua buah terowongan tersebut berada di bawah bukit yang akan dilewati oleh kereta lori kaliraga, yaitu merupakan terowongan garahan dan juga terowongan mrawan, kedua terowongan tersebut memiliki daya tarik tersendiri yang bisa anda nikmati dan juga di nikmati oleh para wisatawan. Pada saat lori tersebut melawati sebuah terowongan masinis makan akan menyalakan lampu secara otomatis, dan sorotan lampu tersebut akan menerangi jalan atau terowongan yang di lewati oleh lori tersebut. Dan tidak hanya itu saja akan tetapi ketikan melawati terowongan, masinis tersebut juga akan membunyikan klakson dengan keras dan terus menerus.

Di dalam terowongan masinis tersebut udaranya terasa sangat dingin yang di akibatkan oleh cucuran air yang merupakan rembesan dari suatu bukit yang ada di atasnya. Adrenalin anda akan di uji kembali ketika kereta tersebut melewati jembatan tertinggi yang ada di tempat itu, hal tersebut dapat membuat anda merinding ketakutan, karena jembatan tersebut memiliki ketinggian 43 meter.

Demikian yang bisa saya sampaikan untuk anda semua, semoga apa yang sudah saya sampaikan mengenai Serunya wisata Ke Kalibaru Nai Kereta Wisata Kaliraga. Semoga dapat berguna serta bermanfaat untuk anda terima kasih.