by

Taman Nasional Teluk Cenderawasih Papua

Mendekati akhir tahun, pasti semua orang akan merencanakan liburan untuk seluruh keluarga, bersama teman, atau bersama pasangan. Dan biasanya objek yang akan dipilih adalah objek wisata yang belum banyak orang mengenal dan datang untuk berkunjung. Dari seluruh wilayah di Indonesia, terdapat banyak objek wisata bahari yang wajib kita kunjungi, salah satunya adalah di Pulau Irian Jaya atau Papua. Pulang di bagian timur Indonesia ini menyimpan surga alam yang masih belum banyak terjamah tangan manusia yang merusak.

Objek Wisata Taman Nasional Teluk Cenderawasih

taman nasional cendrawasih
taman nasional cendrawasih

Kalau kita bicara tentang Papua, pasti kalian akan bilang tentang alamnya, terutama ekosistem bawah lautnya, ya, Papua memang dikatakan mempunyai ekosistem bawah air yang beraneka ragam dan tentu saja menakjubkan! Salah satu tempat yang sudah kita kenal dengan keindahan bawah lautnya adalah Raja Ampat, tapi ada lagi tempat yang jauh lebih kaya dan indah, yaitu Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Taman ini terletak di daerah perairan barat pulau Papua, dengan wilayah perairan lautan 89,9% baru sisanya merupakan daratan dan garis pantai.

Taman ini berada di wilayah Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Nabire, terbentang dari sebelah timur Tanjung Kwatisore dari Kepulauan Auri, dari selatan ke utara dari Pulau Rumberpon. Menjadi taman nasional air terbesar di Indonesia, wilayah ini memiliki keanekaragaman hewani yang luar biasa, terlebih hewan airnya. Jika Anda berwisata ke tempat ini, maka akan merasakan pengalaman berwisata yang beda dari tempat lain, karena di sini Anda akan merasakan hidup di atas kapal selama empat sampai sepuluh hari, dikarenakan belum ada penginapan.

Keunikan Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Tapi justru itulah nilai tambahnya, Anda akan berpuas ria menyelam dan snorkeling dengan disuguhkan pemandangan bawah laut Papua yang luar biasa, seperti terumbu karangnya, hewan bertubuh lunak yang dari berbagai macam spesies, dan yang paling keren adalah hiu pausnya. Di sinilah, kawasan konservatif dari hiu paus, dimana semua penelitian dari seluruh dunia datang untuk meneliti hewan yang ditemukan di Papua ini. Hiu paus ini terkenal jinak lho, jika Anda menyelam dan bertemu hewan ini, berenanglah mendekat tapi jangan pernah memegangnya.

Selain sebagai habitat asli dari hiu paus, Taman Nasional Teluk Cenderawasih ini juga sebagai habitat dari penyu spesies langka, dugong atau ikan duyung, lumba-lumba, karang hidup, dan juga burung-burung yang ada di sana. Selain itu, ada juga peninggalan dari nenek moyang berupa kerangka manusia dari leluhur suku Wandau yang sangat dijaga keberadaannya dan dikatakan sebagai penduduk pertama di pulau ini. Ada pula wisata jelajah goa baik di atas laut maupun yang di dalam laut, dan kolam air panas belerang juga.

Jika Anda ingin kemari, ada beberapa cara dan pilihan transportasinya. Pertama, dengan pesawat, untuk Anda yang berasal dari Jakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Jayapura, Honolulu dan Darwin bisa menggunanakan pesawat dan mendarat di Biak lalu menaiki pesawat lagi menuju Manokwari atau Nabire. Bisa juga dengan kapal buat Anda yang berasal dari Jakarta, Surabaya, Makassar dan Jayapura, berlabuh di Manokwari atau Nabire juga, baru setelah itu menuju Taman Nasional Teluk Cenderawasih.

Untuk menuju ke taman, Anda harus menaiki longboat dari Manokwari sekitar 5,5 jam perjalanan, bisa juga dengan menggunakan mobil ke Kecamatan Ransiki dan kemudian naik motorboat selama 2,5 jam. Selain mendatangi Jayapura, Anda bisa juga wisata ke Lombok, dengan berbagai tempat wisata Lombok yang tentu saja menarik untuk dikunjungi.