by

Tempat Wisata Lombok untuk Anak Saat Liburan Sekolah

Pulau Lombok juga dikenal sebagai surganya destinasi wisata keluarga, terutama bersama anak.Selain Anda bisa membiarkan anak-anak bermain dengan bebas di alam, Anda juga bisa membawa mereka mempelajari budaya di Lombok lebih dekat.Berikut adalah daftar wisata Lombok untuk anak yang bisa Anda kunjungi bersama saat libur sekolah.

Wisata Lombok untuk Anak yang Ingin Belajar Menenun

  1. Desa Sade
desa sade di lombok
desa sade di lombok

Nama Desa Sade sudah sangat terkenal di antara para pelancong, sekaligus sebagai wisata Lombok untuk anak. Desa yang terletak di desa Rembitan, Punjut, Lombok Tengah ini dikenal dengan adat suku Sasak yang masih dipertahankan hingga saat ini.Desa wisata ini dihuni oleh sekitar 150 kepala keluarga yang semuanya berasal dari suku asli Sasak. Ketika masuk ke dalamnya, Anda akan disambut dengan bangunan tradisional terbuat dari dinding anyaman bambu, atap ijuk, dan lantai tanah yang disebut dengan Bale. Anda akan menjumpai beberapa wanita Desa Sade sedang menenun, bahkan bisa membeli kain songketnya dan belajar langsung dari mereka. Keunikan yang terkenal dari sini adalah kebiasaan mengepel lantai dengan kotoran kerbau yang dipercaya lebih hangat dan dihindari oleh nyamuk.

  1. Desa Sukarara
desa sukarare lombok
desa sukarara lombok

Masih di Lombok Tengah, tepatnya di kecamatan Jonggat atau sekitar 20 menit dari Bandara Internasional Lombok, terdapat Desa Sukarara. Desa ini juga merupakan wisata Lombok untuk anak yang tepat untuk belajar menenun secara langsung.Di desa ini, setiap wanita diwajibkan untuk belajar menenun. Maka dari itu, Anda akan menjumpai banyak sekali wanita di sepanjang perjalanan sedang asyik menenun kain songket. Ciri khas kain songket dari Desa Sukarara adalah penggunaan benang emas yang sering menjadi incaran turis dari berbagai wilayah.

Mengunjungi Bangunan Bersejarah

  1. Taman Narmada
Taman Narmada
Taman Narmada

Ketika mencari tempat wisata Lombok untuk anak, tidak akan lengkap tanpa mengunjungi bangunan bersejarahnya. Salah satunya adalah Taman Narmada, yang terletak di kecamatan Narmada, Lombok Barat.Taman ini dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Anak Agung Ngurah Karang Asem sebagai tempat upacara Pakelem, sekaligus tempat peristirahatan keluarga raja. Kompleks taman ini terdiri dari bangunan-bangunan bersejarah seperti benteng, balai pasarean, dan beberapa pura. Bahkan, terdapat Balai Petirtaan yang mengalirkan mata air langsung dari Gunung Rinjani.

  1. Pura Lingsar

pura lingsar lombokMasih di kompleks yang sama, perjalanan sejarah Anda tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Pura Lingsar. Didirikan sejak tahun 1741, pura ini memiliki keunikan karena terdapat 2 bangunan yang dikeramatkan oleh 2 agama berbeda, yaitu Hindu dan Islam. Kedua bangunan tersebut adalah pura Gaduh yang terletak di bagian utara dan pura Weku Telu (Kemaliq) di bagian selatan.Keharmonisan antara dua ajaran yang berbeda di Pura Lingsar sangat tepat diajarkan kepada anak untuk belajar mengenai kerukunan antar masyarakat.

Biarkan Anak Belajar Mengenal Alam

wisata hutan baun pusuk lombok
wisata hutan baun pusuk lombok

Menutup perjalanan Anda di Lombok, jangan lupa mampir di Hutan Baun Pusuk.Hutan ini merupakan salah satu wisata Lombok untuk anak dimana mereka bisa bertemu dengan ratusan monyet secara langsung.Wilayah hutan lindung ini terletak di Lombok Utara.Sepanjang perjalanan menyusuri hutan ini, Anda bisa mengajak anak-anak untuk keluar sejenak memberi makan monyet-monyet secara langsung.Jangan khawatir, binatang ini terkenal sangat jinak, tentu saja, kecuali jika diganggu. Sampai di puncak pass, Anda bisa menikmati pemandangan indah Lombok dari ketinggian. Bagaimana, bukankah lokasi-lokasi ini cocok untuk jadi destinasi liburan sekolah anak-anak Anda?