by

Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Lombok Untuk Anda Penggemar Sejarah Dan Budaya

Tahukah Anda, Lombok tidak hanya tentang keindahan dan keeksotisan pantai nya saja. Namun, wisata Lombok juga menawarkan aneka ragam budaya dan sejarah yang bisa Anda nikmati menjadi tempat yang wajib dikunjungi di Lombok. Selain pesona alamnya yang menghipnotis para wistawan, Anda juga bisa berkunjung ke beberapa tempat yang terkenal dengan budaya, adat, dan sejarahnya. Contohnya desa tradisional tempat suku Sasak, Desa Sade.

Tempat yang wajib dikunjungi di Lombok yang pertama adalah Desa Sade

desa sade lombok
desa sade lombok

Terletak di Rambitan, Pujut Desa Sade merupakan sebuah perkampungan tradisional yang dihuni oleh suku Sasak dengan ciri khas bangunan yang unik. Anda dapat melihat langsung kehidupan sehari-hari dari suku Sasak. Untuk memasuki kawasan desa Sade, Anda hanya perlu mengisi buku tamu yang tersedia di gerbang lalu membayar donasi sukarela. Setelahnya Anda bebas melihat dan menikmati salah satu desa tradisional di Indonesia tersebut. Karena menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Lombok dan sebagai bagian dari pariwisata kebudayaan di Lombok, maka pemerintah setempat bersama masyarakatnya menjaga rumah-rumah khas suku Sasak di desa tersebut. Arsitektur dan konsep rumah masih terjaga dengan baik keasliannya. Oleh sebab itu, rumah di desa ini memiliki karakter dan luas yang hampir sama dan menggunakan bahan-bahan dari alam untuk membangun rumahnya. Bahkan ada yang mengatakan rumah adat di desa ini tidak menggunakan paku sama sekali. Hanya kayu-kayu kokoh sebagai tiang, anyaman bambu sebagai dinding, dan campuran tanah liat, abu jerami, getah pohon, dan kotoran kerbau kering sebagai lantainya.

gendang beleq desa sade
gendang beleq desa sade

Mata pencaharian masyarakat Desa Sade sebagaian besar adalah menenun kain khas suku Sasak. Pekerjaan yang sebagian besar dilakukan oleh kaum wanita ini menjadi mata pencaharian andalan karena desa tradisional tersebut semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan sebagai tempat yang wajib dikunjungi di Lombok. Bagi Anda yang menyukai nuansa tradisional dan penasaran dengan salah satu suku Indonesia tersebut, Desa Sade dapat menjadi pilihan kunjungan Anda di Lombok. Anda bisa melihat keunikan bangunan rumahnya dan tentu saja bersih karena selalu dirawat oleh masyarakatnya, setelahnya Anda mungkin bisa membeli kain tenun khas suku Sasak yang dijual di desa tersebut sebagai suvenir.

Tempat yang wajib dikunjungi di Lombok kedua adalah Masjid Bayan Beleq

masjid bayan beleq di lombok
masjid bayan beleq di lombok

Masjid Bayan Beleq terletak di Bayan yang menjadi perbatasan antara Lombok Utara dan Lombok Timur. Karena agak jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan keramaian Lombok, Bayan menjadi desa dengan suasana adat dan budaya yang kental. Masjid Bayan Beleq didirikan sekitar 500 tahun yang lalu. Masjid ini dikelilingi oleh makam para kyai penyebar agama Islam di zaman dahulu dan juga terdapat cungkup makam yang berisi nama-nama tokoh penyebar agama Islam di Lombok. Banyak wisatawan mancanegara yang telah berkunjung ke masjid ini. Anda bisa menjadikannya salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Lombok untuk mengetahui sejarahnya.

Anda bisa langsung menuju ke Desa Bayan dari Kota Mataram menggunakan angkutan umum atau kendaraan sewaan. Tempat yang wajib dikunjungi di Lombok ini memiliki keunikan tersendiri karena Masjid Bayan Beleq hanya digunakan pada hari-hari perayaan saja dengan selang tiga hari setelah hari perayaan. Selain itu, keseluruhan dinding dari masjid ini berasal dari anyaman bambu dengan lantai beralaskan tanah saja dan atap dari jerami dan rerumputan