by

Memilih Berlibur dengan Menikmati Wisata Air Terjun di Lombok

Liburan adalah hal yang sangat menyenangkan dan hal yang sangat ditunggu-tunggu setiap orang karena dengan berlibur maka dapat melepaskan sejenak beban pikiran di kantor maupun sekolah, melepaskan rasa lelah dan penat akan aktivitas yang setiap hari dilakukan. Menjelang waktu liburan maka orang akan mencari refrensi berlibur.

Wisata air terjun saat ini tengah digandrungi oleh banyak orang. Orang akan datang beramai-ramai untuk menikmati wisata air terjun. Biasanya wisata air terjun terdapat di daerah pegunungan sehingga udaranya sangat menyejukkan dan biasanya terletak diantara hutan-hutan sehingga melewati jalan-jalan terjal sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengendarai kendaraan yang dibawa.

wisata air terjun di lombok

Oleh karena itu, saat ini pula yang tengah dilirik oleh banyak orang adalah wisata air terjun di Lombok. Air terjun tersebut sangat menyegarkan tubuh dan dapat dinikamti dengan cara berendam dan berguyut tepat di bawah air terjun tersebut.

Dengan berendam dan berguyur di bawah air terjun tersebut maka Anda dapat menanggalkan sejenak beban pikiran Anda. Karena air terjun yang mengalir tersebut langsung dari pengunungan.

2 Wisata Air Terjun di Lombok yang Sangat Populer

Wisata air terjun di Lombok yang terkenal terdapat 2 air terjun yaitu air terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile. Yang mana air terjun tersebut merupakan 2 air terjun di Lombok yang airnya mengalir membentuk satu aliran.

Hembusan kabut yang memenuhi sekitar lembah dan keindahan airnya yang jatuh dari tebing bertingkat dan juga track untuk mencapainya seperti menyusuri hutan dengan aliran sungai yang sejuk, melewati goa dan juga jembatan unik di atas tebing  akan membuat jiwa petualangan pasti tertantang. Sehingga kesejukan wisata air terjun di Lombok pun sudah tidak diragukan lagi.

Air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep merupakan 2 objek wisata air terjun yang terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Kedua air terjun ini masih berada di dalam kawasan Geopark Rinjani Lombok.

Dibanding wisata air terjun di Lombok lainnya, air terjun Sendang Gile termasuk yang mudah dicapai atau mudah ditemui. Para pengunjung cukup berjalan pada turunan sejumlah anak tangga yang sudah disediakan, yang biasa disebut sebagai 1000 anak tangga.

Sementara itu, banyak pengunjung yang juga sengaja berenang di bawah tumpahan air terjun untuk merasakan langsung sensasi pijatan alami dari air terjun Sendang Gile. Pemandangan sekitarnya pun tidak kalah menarik, hijaunya pepohonan, deretan bebatuan besar, serta dinginnya kawasan gunung kian menambah menawan pesona air terjun Sendang Gile tersebut.

Air terjun di Lombok yang lebih tinggi dibandingkan air terjun Sendang Gile yaitu air terjun Tiu Kelep. Tingginya dari 40m hingga 50m. Pemandangannya pun lebih indah. Namun, Anda harus tetap waspada dan tidak berenang tepat di tempat jatuhnya terjunan air tersebut. Karena sangat berbahaya. Berenang dan bermain air di pinggiran pun sudah cukup nikmat.

Dikarenakan air terjun Tiu Kelep yang cukup tinggu sehingga tekanan air dari atas ke bawah akan lebih kuat dan volume airnya pun lebih besar, sehingga pengunjung lebih aman menikmati dan merasakan air terjun Tiu Kelep dari pinggiran saja. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk waspada terhadap hal-hal yang membahayakan pengunjung.

Pengunjung juga dapat membawa keluarga ataupun rombongan untuk menikmati wisata air terjun tersebut karena jika berwisata alam bersama dengan banyak orang akan membuat lebih semangat untuk sampai pada wisata air terjun di Lombok tersebut.