by

Cara Menuju Wisata Air Terjun Tiu Kelep Lombok

Air Terjun Tiu Kelep adalah salah satu air terjun di Lombok yang terkenal. Kesegaran airnya yang terus mengalir dapat merelaksasi badan dan pikiran Anda.

Air terjun Tiu Kelep berlokasi di di bawah kaki gunung Rinjani. Air terjun ini mempunyai beberapa hal yang sangat indah saat Anda mengunjunginya dengan cara soft trekking. Hembusan kabut yang memenuhi daerah sekitar lembah beserta kesegaran air yang jatuh dari tebing bertingkat. Trek untuk mencapai air terjun ini pun juga harus menyusuri hutan. Anda pun juga akan melewati aliran sungai yang sejuk, jembatan unik yang tepat berada di atas tebing, dan melewati gua pula. Tentu saja pengalaman tersebut akan sangat membekas di hati. Bagi mereka yang berjiwa petualangan pun juga akan merasakan sensasi yang luar biasa. Terdapat beberapa rute untuk menuju Tiu Kelep.

Jalur Menuju Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep
Air Terjun Tiu Kelep

Untuk melihat keindahan Air Terjun Tiu Kelep, maka Anda bisa mencoba rute yang berbeda-beda. Pertama-tama yang harus Anda ketahui adalah air terjun ini berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Desa Senaru juga merupakan salah satu trek pendakian menuju Gunung Rinjani sehingga cara menuju ke desa ini pun sangat mudah dan jelas. Daerah ini adalah kawasan yang subur karena terdapat persawahan hijau yang tersusun rapi. Anda bisa melihat sendiri undak-undakan sawah mulai dari puncak sampai kaki bukit. Terdapat dua jalur untuk menuju Desa Senaru yaitu lewat jalur pesisir barat dan jalur Lendang Bajur.

Jika Anda melewati jalur pesisir barat, maka Anda akan melewati kawasan Pantai Senggi dan Bukit Malimbu. Jalur ini memakan waktu sekitar 2 jam. Namun jalur ini hanya bisa ditempuh oleh wisatawan yang menggunakan mobil pribadi, mobil sewaan, dan yang menggunakan jasa tour guide. Jalur ini tidak bisa diakses oleh kendaraan umum. Pemandangan sepanjang perjalanan tampak menawan jika lewat jalur ini. Sedangkan untuk jalur yang kedua yaitu jalur Lendang Bajur, maka Anda bisa menggunakan kendaraan umum. Anda akan melewati Hutan Baun Pusuk selama 2,5 jam. Rute ini langsung menuju ke Desa Senaru.

Rute Menuju Air Terjun Tiu Kelep

Sesampainya di Desa Senaru, maka Anda akan mempunyai 2 pilihan untuk menuju ke air terjun tersebut. Rute pertama adalah menggunakan gerbang utama atau jalur biasa. Anda akan memarkirkan kendaraan Anda dan membayar tiket masuk. Lalu Anda harus menuruni anak tangga sekitar kurang lebih 20 menit. Di sana Anda akan melihat air terjun namun itu bukanlah Tie Kelep, melainkan Air Terjun Sendag Gile. Dari air terjun pertama, terdapat rute yang berupa jalan setapak memasuki hutan dan menyusuri sungai. Sedangkan untuk jalur kedua adalah lewat jalur irigasi. Jalur ini lebih disukai mereka yang menyukai tantangan dan Anda tidak perlu melewati ratusan anak tangga. Jalur ini pun juga mempunyai pemandangan yang bagus. Apalagi ditambah dengan suasana hutan yang indah. Karena itulah rute ini juga disebut dengan soft trekking.

Kami sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan rute kedua. Sepanjang perjalanan Anda akan melewati kawasan hutan hujan yang mempunyai pohon besar dan tinggi. Namun rute ini membutuhkan pemandu agar tidak tersesat. Pengunjung yang datang ke Tiu Kelep pastinya membutuhkan jasa dari pemandu lokal karena pohon-pohon yang ada di hutan benar-benar mirip sehingga tidak bisa dijadikan patokan. Sesampainya di Air Terjun Tiu Kelep¸ Anda bisa bermain air sesuka hati namun hindari menginjak batu besar karena licin. Selamat menikmati perjalanan!