by

Wisata Danau Ranu Kumbolo

Buat anda para masyarakat Jawa Timur khususnya bagi Anda yang menyukai wisata alam yang masih perawan, tentu tidak asing lagi dengan salah satu objek wisata terkenal di daerah Jawa Timur ini. Danau yang terkenal di Gunung Semeru dan penuh misteri ini bernama Ranu Kumbolo, danau yang dianggap menarik sebab berada di jalur pendakian Gunung Semeru dan masuk dalam area Taman Nasional Bromo Tengger. Semeru ini cukup membuat daya tarik dan menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Jawa Timur.

Danau Ranu Kumbolo

wisata danau ranu kumbolo
wisata danau ranu kumbolo

Dengan kondisi alam yang masih sangat alami serta memiliki udara yang segar dan adanya beberapa deretan pepohonan, akan bisa membuat segala pikiran kita menjadi lebih rileks dan lebih tenang. Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa Danau Ranu Kumbolo dipilih sebagai salah satu lokasi perkemahan oleh kebanyakan anak-anak muda, dan ditambah dengan aset jalannya yang agak susah serta butuh perjuangan ekstra itulah yang membuat para anak-anak muda seakan mendapatkan sebuah adrenalin untuk bisa menaklukkan kawasan Ranu Kumbolo.

Meskipun daerah wisata ranu kumbolo tidak dijadikan ikon resmi pariwisata Jawa Timur, akan tetapi Danau ranu kumbolo tidaklah sepi dikunjungi oleh para wisatawan baik mancanegara maupun wisatawan lokal. Serta tetap saja Danau ranu kumbolo memiliki kelebihan tersendiri dari pada berbagai objek wisata yang lainnya, dan dengan lokasinya yang tidaklah mudah untuk dicapai membuat sebuah tantangan bagi para petualangan yang ingin mengunjunginya.

Sejarah Ranu Kumbolo

wisata ranu kumbolo
wisata ranu kumbolo

Cerita Ranu Kumbolo sama seperti berbagai macam objek wisata yang lainnya dan juga memiliki suatu kisah mistis atau misteri dibalik memukaunya Danau Ranu Kumbolo. Ada banyak sekali berbagai macam cerita dibalik keindahan Danau Ranu Kumbolo yang terkenal menjadi salah satu Danau angker di Indonesia. Menurut cerita masyarakat setempat, konon katanya Danau ini terdapat sesosok wanita yang diyakini merupakan penunggu Ranu Kumbolo, dan saat bulan purnama seorang wanita ini sesekali akan muncul.

Memanglah banyak sekali aneka cerita misteri di Gunung Semeru maupun Danau Ranu Kumbolo yang penuh dengan nuansa mistis dan seringkali membuat para pendaki tersesat dan hilang kendali. Serta ada sebuah cerita mistis yang nyata dialami oleh seseorang yang pada saat itu melakukan bakti sosial di desa Ranu Pati di bulan Agustus 2004, saat itu ada seorang sepasang pengantin yang baru menikah dan pergi ke danau ranukumbolo untuk melakukan sesajen dengan membawa berbagai macam makanan yang akan dipersembahkan kepada penunggu Danau Ranu Kumbolo, akan tetapi seusai membakar dupa para pengantin pun mandi di Danau Ranu Kumbolo. Namun, ternyata si pengantin wanita terseret arus kuat ke dalam danau dan setelah beberapa lama muncul kembali dalam keadaan tidak bernyawa.

Keindahan Danau Ranu Kumbolo

danau ranu kumbolo
danau ranu kumbolo

Hal itulah yang menjadi salah satu cerita nyata dibalik keindahan, akan tetapi di lain sisi Danau ini tetap menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Timur, dan seringkali para wisatawan membuat tenda di sekitar danau untuk menikmati suasana kehangatan yang ada di kawasan Danau Ranu Kumbolo. Dan sebaiknya saat anda ingin mengunjungi danau ranu kumbolo, anda pun mendakinya dengan cara berkelompok daripada mendaki sendirian.

Serta sebaiknya sebelum anda melakukan pendakian di ranu kumbolo anda pun bisa bertanya terlebih dahulu kepada masyarakat sekitar danau ranukumbolo agar mengetahui apa saja yang menjadi larangan di kawasan Danau ranu kumbolo agar anda tidak hilang kendali pada saat menikmati keindahan Danau Ranu Kumbolo. Tentu saja saat anda ingin mengunjungi dan melihat langsung keindahan Danau Ranu Kumbolo anda pun harus menuju titik awal pendakian Semeru gunung Semeru juga telah menjadi salah satu gunung terindah dan terpopuler di Indonesia, sehingga tidak salah jika anda mengunjungi Danau Segara Anak Gunung Rinjani Semeru maupun Gunung Bromo yang ada di dekat Danau Ranu Kumbolo.

Demikian artikel kami mengenai Ranu Kumbolo. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.