by

Tanjung Ringgit, Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Indonesia menyimpan jutaan keindahan yang patut disyukuri. Bagian laut dan pantainya yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke tak hentinya membuat takjub siapa pun yang mengunjunginya. Salah satu daerah yang dikenal memiliki keindahan lautnya yang luar biasa adalah Lombok.

Lombok kini semakin diminati sebagai destinasi liburan yang jenuh akan keramaian Bali. Letak keduanya memang tak terlalu jauh. Namun, keduanya memiliki karakteristik alam dan budaya yang cukup berbeda. Tak terlalu banyak juga yang tahu, bahwa pantai-pantai di Lombok menyimpan keindahan alam yang luar biasa, karena memang belum terekspos secara massal.

wisata di lombok yang wajib dikunjungi

Terdapat salah satu kawasan wisata di Lombok yang wajib dikunjungi. Adalah Tanjung Ringgit yang terletak di bagian timur Pulau Lombok. Kawasan ini mampu memberikan kesan takjub, sebab pemandangan yang disuguhkan cukup berbeda dari destinasi wisata lainnya.

Menuju kawasan Tanjung Ringgit, para pelancong akan disambut oleh hutan yang menemani sepanjang perjalanan. Para pelancong juga akan terbuai oleh panorama alam yang sangat indah berupa tebing-tebing cadas dan curam yang menjadi pembatas langsung ke Samudera Hindia. Ada satu yang paling unik, di tempat ini tersimpan peninggalan sejarah zaman pendudukan Jepang. Objek inilah yang menjadikan Tanjung Ringgit sebagai salah satu wisata di Lombok yang wajib dikunjungi.

Peninggalan Sejarah di Tanjung Ringgit, Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Tanjung Ringgit merupakan kawasan wisata di Lombok yang wajib dikunjungi karena cukup bersejarah bagi Indonesia. Di mana, tempat ini merupakan salah satu tempat pemantau serangan, sekaligus untuk mobilisasi pasukan tentara Jepang. Secara geografis, lokasinya memang cukup strategis untuk menghalau serangan yang datang dari sekutu, khususnya Australia. Karenanya, di tempat ini cukup banyak sisa-sisa bangunan dan peralatan tentara Jepang yang masih bisa ditemui sampai sekarang.

Jika berkunjung ke Tanjung Ringgit jangan lewatkan melihat sisa-sisa peninggalan Jepang ini yang jarang ditemui di kawasan wisata lainnya. Sebab, ini merupakan keunikan yang menjadikannya kawasan wisata di Lombok yang wajib dikunjungi. Para wisatawan bisa melihat meriam besar sebagai persenjataan yang digunakan untuk menghalau serangan musuh, parit-parit sebagai tempat persembunyian dan pengintaian, goa-goa, sumur wadah air, dan lainnya.

Situs meriam berada pada daerah ketinggian yang berhadapan langsung dengan laut lepas. Di sisi dekat meriam sebelumnya terdapat lubang tempat menyimpan amunisi. Namun, lubang tersebut kini sudah tertutup oleh longsoran.

Tanah disekeliling meriam, sebagian besar berupa kapur dengan intensitas hujan yang cukup rendah. Daerah Tanjung Ringgit memang memiliki topografi yang kering, tandus, dan gersang. Karenanya, dikawasan ini juga terdapat semacam sumur untuk menampung air. Konon, pada masa pendudukan Jepang, sumur tersebut merupakan satu-satunya yang dijadikan sebagai sumber penghidupan di daerah tersebut. Sumber airnya didapatkan dengan mengandalkan musim penghujan.

Terdapat beberapa goa besar dan kecil yang ditemukan di kawasan Tanjung Ringgit yang merupakan destinasi wisata di Lombok. Kabarnya, dulu goa-goa tersebut dijadikan tempat persembunyian dan perlindungan dari musuh. Bibir goa berbentuk setengah lingkaran dengan dinding keras dari batuan kapur. Konon, goa-goa ini dulu dibangun oleh para Romusha dan memakan banyak korban saat pembuatannya.

Sayangnya, goa tidak bisa ditelusuri. Sebab, kondisinya cukup gelap dan tidak terawat, sehingga terjadi longsor dibeberapa bagian. Selain itu, goa ini dijadikan sebagai habitat kelelawar dan tak jarang ada hewan buas lainnya yang tinggal. Meski demikian, goa masih bisa dinikmati dari luar.