by

Pesonda Pantai dan Desa Wisata Lombok Tengah

Lombok Tengah memiliki banyak destinasi wisata yang tidak kalah menarik dari wilayah lainnya. Bagi pecinta wisata bahari, terdapat beberapa pantai dengan keunikannya masing-masing. Selain itu, wisata Lombok Tengah juga terkenal akan beberapa desa wisata yang cocok sebagai wisata budaya khas Lombok. Bagi Anda yang berencana liburan ke Lombok, berikut beberapa tempat rekomendasi khususnya di Lombok Tengah.

Kerajinan Gerabah Penujak
Kerajinan Gerabah Penujak

Pantai Wisata Lombok Tengah yang Wajib Dikunjungi

  1. Pantai Kuta Lombok

Tidak hanya Pulau Bali, Lombok juga memiliki Pantai Kuta yang tidak kalah indahnya. Bahkan Pantai Kuta Lombok diklaim sebagai pantai terindah dari semua pantai yang ada di Lombok. Saat mengunjungi Pantai Kuta, Anda akan disuguhi air laut yang begitu jernih dan bersih sampai-sampai bisa melihat pemandangan bawah laut hanya dari permukaannya saja. Selain itu, pasir putih di sepanjang pantai juga sangat lembut dan bersih. Anda tidak akan bosan berjalan santai menyusuri sepanjang Pantai Kuta Lombok ini. Keunikan dari pantai ini adalah adanya Upacara Bau Nyale yang dilakukan oleh penduduk sekitar. Upacara yang bertujuan untuk mengenang Putri Mandalika ini berupa tradisi menangkap cacing nyale yang ada di sekitar pantai.

  1. Pantai Tanjung Aan

Jika ingin merasakan pantai yang memiliki dua jenis pasir berbeda, maka berkunjunglah ke Pantai Tanjung Aan. Dipandang secara kasat mata, pasir Pantai Tanjung Aan terlihat sama, namun jika dicermati maka Anda akan tercengang dibuatnya. Pasir Pantai Tanjung Aan memiliki dua tekstur berbeda yaitu tekstur lembut bagai tepung, dan tekstur kasar dan besar-besar bagai merica. Pasir yang bertekstur lembut memiliki warna putih sedangkan pasir bertekstur kasar tersebut memiliki warna yang cenderung kekuning-kuningan. Oleh sebab itu, Pantai Tanjung Aan dikenal sebagai Pantai Tepung dan Merica. Selain keunikan pasirnya, Anda juga akan disuguhi air laut jernih dan pemandangan sekitar yang dikelilingi bukit.

Desa Wisata Lombok Tengah

  1. Desa Sukarara

Setelah puas berwisata bahari, Anda bisa mencoba jenis wisata lain di Lombok Tengah yaitu wisata budaya. Salah satu desa yang bisa Anda kunjungi adalah Desa Sukarara yang terkenal sebagai desa wisata penghasil tenun khas Lombok. Tenun yang paling terkenal adalah tenun songket yang dibuat dengan penggabungan benang pakan dengan benang sintetis yang berwarna emas atau pun perak. Benang sintetis tersebut merupakan hiasan untuk mempercantik kain songket. Dengan mengunjungi Desa Sukarara, Anda bisa melihat proses penenunan kain songket yang sudah menjadi komoditi khas Lombok. Bahkan kain tenun songket ini sudah dipasarkan sampai ke luar negeri, lho! Keindahan motif dan keawetan warna kain tenun inilah yang menjadi daya tarik utamanya.

  1. Desa Banyumulek

Desa wisata lain yang menunjukkan kekhasan Lombok adalah Desa Banyumulek. Desa ini terkenal sebagai penghasil kerajinan gerabah khas Lombok yang sudah memproduksi gerabah sejak tahun 70-an. Seperti halnya kain tenun songket, kerajinan gerabah Banyumulek ini juga sudah terkenal sampai mancanegara sehingga tidak heran Banyumulek memproduksi gerabah secara masif untuk memenuhi banyaknya pesanan. Keuntungan mengunjungi Desa Banyumulek adalah Anda akan diberi kesempatan untuk melihat cara pembuatannya dan langsung mencoba membuatnya. Gerabah yang diproduksi bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga seperti gentong air, kendi dan tempat sampah, namun untuk dekorasi ruangan seperti vas bunga, hiasan dinding, dan ukiran-ukiran. Hiasan-hiasan tersebut sudah banyak digunakan di dalam rumah atau pun hotel-hotel. Jika berkunjung ke wisata Lombok Tengah, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh.