by

Wisata Lombok Utara yang Sayang untuk Dilewatkan

Pulau Lombok mulai menjadi salah satu destinasi incaran bagi para pelancong baik dari domestik maupun mancanegara.Dari 5 wilayah administratifnya, Lombok Utara merupakan salah satu wilayah yang menyajikan berbagai destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.Jika Anda bingung untuk mencari tempat untuk menghabiskan liburan, wisata Lombok Utara bisa menjadi pilihan terbaik. Selain pantai-pantainya yang indah, Anda juga bisa menjumpai destinasi wisata alam maupun budaya lain yang tidak kalah seru untuk dikunjungi.

Wisata Lombok Utara bagi Para Pecinta Alam

Liburan Lombok Gili Trawangan
Liburan Lombok Gili Trawangan

Ketika Anda mencari rekomendasi wisata Lombok Utara, maka pilihan teratas yang muncul sudah dipastikan adalah Gili Trawangan-Gili Meno-Gili Air.Trio gili ini merupakan gugusan pulau kecil yang berada di bagian utara pulau Lombok.Untuk bisa sampai ke pulau ini, Anda cukup menyeberang dari Pelabuhan Bangsal dengan menggunakan perahu nelayan yang harganya terjangkau atau speedboatuntuk lebih menghemat waktu perjalanan.Gili Trawangan sudah dilengkapi akomodasi seperti tempat menginap, restoran, café, dan bar.Sedangkan Gili Air dan Gili Meno masih terbilang cukup sepi, sehingga cocok bagi Anda yang ingin mencari ketenangan saat berlibur.Meskipun demikian, ketiganya sama-sama menawarkan pemandangan pantai pasir putih yang sangat memukau.Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling atau menyelam. Tidak hanya pantai, wisata Lombok Utara juga menawarkan wisata air terjun yang wajib masuk ke dalam daftar kunjung Anda.Air terjun yang paling terkenal adalah Sendang Gile dan Tiu Kelep dimana kedua arus airnya mengalir dalam satu aliran. Berlokasi di bawah kaki Gunung Rinjani, tepatnya kecamatan Bayan, kedua air terjun ini cukup menantang karena Anda perlu melewati hutan, goa, dan jembatan yang unik untuk bisa sampai ke lokasi. Pertama, Anda bisa menjumpai Air terjun Sendang Gile yang berlokasi lebih rendah, setelah melalui jalan setapak dan anak tangga. Memiliki ketinggian sekitar 30 meter, Anda akan disajikan dengan latar belakang pemandangan hijau yang masih sangat alami. Berjalan lebih ke atas, Anda akan sampai di air terjun Tiu Kelep. Tidak kalah indah, air terjun setinggi 45 meter ini juga akan memikat Anda dengan aliran air terjunnya yang deras membentuk setengah lingkaran. Perlu dicatat juga, jangan lupa untuk mampir ke Bukit Malimbu.Bukit ini merupakan salah satu wisata Lombok Utara terbaik untuk menikmati keindahan matahari tenggelam.Berlokasi 10 km dari Senggigi, Anda bisa mencapai lokasi ini sekitar 45 menit dengan kendaraan pribadi setelah melewati jalan berliku yang cukup menantang.Ketika kondisi cuaca cerah, Anda bisa menyaksikan panorama yang sangat memukau.Di kejauhan Anda bahkan bisa melihat siluet ketiga Gili dan Gunung Agung. Menjelang petang, pemandangan sunsetakan tampak sangat dekat dengan Anda.

Wisata Budaya yang Juga Sayang untuk Dilewatkan

masjid bayan beleq

Ketika Anda berkunjung ke wilayah kecamatan Bayan, maka Anda pasti juga akan menemukan masjid unik yang tampak seperti bangunan tradisional di Lombok lainnya. Tapi, perlu Anda ketahui bahwa Masjid Bayan Beleq merupakan masjid pertama yang didirikan di Lombok sejak abad ke-17.Berusia lebih dari 300 tahun, masjid ini menandai masuknya Islam pertama kali di Lombok.Nama beleq diambil dari bahasa daerah untuk menyebut makam besar yang ada di dalam bangunan, yaitu makam Gaus Abdul Rozak, salah satu imam penyebar agama Islam di Lombok. Wisata Lombok Utara ini memiliki arsitektur yang unik.Bangunannya terbuat dari pondasi batu, dinding anyaman bambu, dan atap jerami.Bagi Anda yang menyukai wisata religi dan sejarah, sejenak mampir ke masjid Bayan cukup untuk melengkapi perjalanan Anda ke Lombok Utara.